Risma Instruksikan Penertiban Bangunan Liar di Kawasan Pergudangan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memerintahkan penertiban bangunan liar di kawasan pergudangan menyusul kebakaran hebat yang terjadi di pergudangan Jalan Panggung Surabaya tadi malam.

“Mobil pemadam kebakaran kesulitan masuk melakukan pemadaman karena karena lokasinya di perkampungan padat penduduk, selain juga terhalang banyaknya bangunan liar semi permanen yang berdiri di area pergudangan,” ujarnya kepada wartawan di lokasi kebakaran, Kamis (17/5) dini hari.

Kebakaran terjadi sejak pukul 22.45 WIB, Rabu (16/5) malam, itu membutuhkan waktu pemadaman selama empat jam.

Risma segera terjun ke lokasi kebakaran dan langsung memimpin pemadamaan.

Api melahap enam gedung gudang di kawasan itu lantaran di dalamnya berisi barang-barang yang mudah terbakar.

Pemadaman akhirnya dilakukan dengan cara memanjangkan (relay) selang berisi air yang dimasukkan melalui celah-celah bangunan liar agar menjangkau api di gedung yang terbakar.

“Saya akan panggil pejabat kelurahan di kawasan pergudangan agar menertibkan bangunan liar yang berdiri di sekitarnya. Biar kalau terjadi bencana seperti ini tidak menyulitkan petugas pemadam kebakaran,” katanya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Surabaya Chandra Oratmangun mengatakan pihaknya mengerahkan 16 unit mobil pemadam kebakaran untuk melumpuhkan kobaran api di pergudangan Jalan Panggung Surabaya.

“Kami terima informasi kebakaran sekitar pukul 23.00 WIB. Sampai di lokasi api sudah terlihat besar,” katanya.

Diakuinya para petugas pemadam kebakaran cukup kewalahan memadamkan api di pergudangan Jalan Panggung yang padat penduduk. Chandra menyatakan api berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 02.00 WIB dan selanjutnya tinggal dilakukan pembasahan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materiil ditaksir mencapai miliaran rupiah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER