Permintaan Warga Tinggi, Pemkot Tambah 12 Unit Suroboyo Bus

0
26
Suroboyo Bus salah satu tranportasi favorit warga Surabaya.

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Surabaya akan menambah 12 unit angkutan massal berupa Suroboyo Bus pada tahun ini menyusul tingginya minat warga menggunakan transportasi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan, di Surabaya, Jumat (25/5), mengatakan selama ini baru ada delapan unit Suroboyo Bus, namun tahun ini akan ditambah 12 unit.

“Dua unit bus di antaranya merupakan bantuan dari perusahaan di Surabaya melalui CSR (Corporate Sosial Responsibility),” katanya.

Keunikan dari Suroboyo Bus ini, penumpang tidak dipungut biaya berupa uang tunai, tetapi diwajibkan menyetorkan sejumlah botol atau gelas plastik bekas minuman.

Irvan mengatakan dengan adanya penambahan armada Suroboyo Bus tersebut, maka akan ada penambahan rute yang dilalui. Selama ini rute yang dilalui dari arah selatan ke utara atau sebaliknya, yakni Halte Rajawali hingga Terminal Purabaya.

“Nantinya, Suroboyo Bus juga akan melayani penumpang dari arah barat ke timur atau sebaliknya. Rencananya dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,” katanya.

Namun, ia mengaku saat ini pihaknya masih melakukan kajian, dengan memperhitungkan kebutuhan yang ada di setiap kawasan yang dilalui.

Irvan menegaskan, sebelum beroperasi, pihaknya akan melakukan uji coba terlebih dahulu.

“Untuk rute barat ke timur yang pasti dua unit bantuan CSR,” katanya.

Irvan mengaku armada bus yang melayani rute dari arah barat ke timur atau sebaliknya lebih dari dua unit. Dari 10 unit tambahan dari alokasi APBD Surabaya, sebagian akan diperuntukkan melayani kawasan Surabaya barat dan timur.

“Tapi, kita masih belum pastikan berapa,” katanya.

Ia mengatakan pascadiresmikannya Suroboyo Bus pada 9 April 2018, jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi ini terus mengalami peningkatan.

“Kenaikan per hari mencapai 15 persen,” katanya.

Menurut dia, banyaknya penumpang berlangsung pada Sabtu dan Minggu. Saat ini akhir pekan penumpang yang ingin menggunakan Suroboyo Bus hingga harus antre.

“Karena bercampur dengan wisatawan yang ingin naik,” ujar Irvan. (Ant/Su2)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Mini Bus Tabrak Warung, 1 Tewas di Tempat

LANGKAT, SERUJI.CO.ID -  Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Sumatera dari Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, mobil mini bus berpenumpang menabrak bengkel dan warung...

Tim Gabungan Kembali Temukan Jenazah Penumpang KM Sinar Bangun

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan kembali menemukan tiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kepala Badan Penanggulangan Bencana...
Mochamad Iriawan

Komjen Iriawan Minta KPU Jamin Hak Pemilih

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan KPU kabupaten/kota menjamin hak pemilih...

Tingkat Kecelakaan Arus Mudik di Jabar Turun

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan tingkat kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Jawa Barat mengalami penurunan...
Mochamad Iriawan

Jadi Pj Gubernur Jabar, Komjen Iriawan: Saya Akan Netral

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol M Iriawan meminta masyarakat tidak perlu ragu terkait penunjukan dirinya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat oleh Presiden...