Pemkot Surabaya Siapkan Pengamanan Festival Rujak Uleg

0
20
Festival rujak uleg di Surabaya (foto:istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan pengamanan Festival Rujak Uleg 2018 yang akan digelar di Kya Kya Jalan Kembang Jepung Kota Surabaya pada Ahad (13/5).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Pemkot Surabaya Eddy Christijanto, di Surabaya, Sabtu (12/5), mengatakan untuk pengamanan pihaknya akan menyiapkan sebanyak 105 anggota Linmas, 160 anggota Satpol PP, 100 anggota Dishub, dan 100 orang jajaran dari pemadam kebakaran (PMK).

“Selain itu, tiga mobil PMK dan dua mobil ambulan akan disiapkan untuk mendukung kondusifnya festival tahunan ini,” katanya.

Menurut dia, unit yang akan terlibat yakni dari Satpol PP, PMK dan Linmas nanti akan berjaga dari baris peserta dan penonton.

“Nantinya penonton akan dibatasi dengan tali rafia,” katanya.

Berdasarkan pengalaman dari tahun lalu, Eddy mengatakan, panitia kesulitan dalam melakukan penjurian sebab kebanyakan penonton yang hadir berbaur menjadi satu dengan para peserta.

Hal itulah, lanjut dia, yang kemudian menjadi kendala juri dalam menentukan penilaian. Maka dari itu, kata dia, untuk tahun ini pihaknya akan menerapkan aturan bahwa yang boleh masuk dalam lokasi acara, hanya peserta yang menggunakan Id card.

“Yang berhak masuk ke lokasi acara nanti hanya peserta yang menggunakan ID card, sedangkan yang bukan peserta tidak diperkenankan untuk masuk,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Irvan Widyanto sebelumnya mengatakan ada sekitar 1.500 dari 275 grup akan meramaikan Festival Rujak Uleg Surabaya 2018.

“Untuk tahun ini akan kami tambahi hiburan dengan barongsai, reog serta penampilan tari-tarian tentang rujak uleg,” katanya.

Menurut dia, adapun para peserta yang akan mengikuti Festival Rujak Uleg dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-725 terdiri dari kelurahan/kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, peserta umum, peserta dari hotel, serta tamu kehormatan dari dalam dan luar negeri. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

RUU Antiterorisme Atur Ancaman Teroris Libatkan Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang perubahan UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Dave Laksono mengakui ada pasal...

Persebaya Alami Krisis Lini Belakang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang saat menghadapi pertandingan "Derby Suramadu" melawan Madura United dalam laga pekan ke-10 Liga 1...
jokowi, joko widodo

RUU Terorisme Disahkan, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait Peraturan Presiden (Perpres) setelah disahkannya Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang. "Perpres akan membahas teknis, hanya...

Pansus: Pemerintah Keluarkan PP Usai RUU Terorisme Disahkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi'i meminta pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah...

DPR Setujui RUU Terorisme Jadi UU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Paripurna DPR pada Jumat (25/5) pagi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU nomor 15 tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah...