Jelang Mudik Lebaran, Pemprov Jatim Siapkan Infrastruktur Jalan Tol


SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan sejumlah infrastruktur jalan tol yang ruas-ruasnya berstatus fungsional sehingga bisa digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2018.

“Kami sudah lakukan koordinasi dan beberapa ruas jalan tol sudah difungsionalkan sehingga bisa dilewati pengendara pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti,” ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Selasa (29/5).

Hingga kini, kata dia, beberapa ruas tol tersebut sudah masuk tahap rigid atau pengecoran pada kondisi jalannya. Dan, Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jatim diminta terus melakukan pengecekan.

“Kepala Dinas dan beberapa pihak terkait harus terus memantaunya, dan nanti menjelang Lebaran saya juga akan melihatnya secara langsung untuk memastikan jalan tol bisa digunakan,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo Hadi menjelaskan ada beberapa ruas tol yang akan difungsionalkan dan dilewati pemudik, meski nantinya hanya digunakan satu arah ketika arus mudik, begitu juga saat arus balik.

Sejumlah ruas tol yang statusnya difungsionalkan adalah ruas Mantingan-IC Ngawi (Klitik) sepanjang 34,20 kilometer, ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 38,75 kilometer, Seksi 2 IC Rembang-IC Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer, ruas Pandaan-Malang untuk Seksi 1 IC Pandaan-IC Purwodadi dengan panjang 15,48 kilometer.

“Khusus Seksi 3 masuk dari Sumberwuni-IC Pakis I/Karanglo juga fungsional. Harapannya untuk bagian dari Proyek Strategi Nasional (Non Trams Jawa) ruas tol Pandaan-Malang sepanjang 38,49 kilometer juga bisa fungsional saat Lebaran,” katanya.

Gatot juga merinci ruas tol yang statusnya sudah operasional, yaitu ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,51 kilometer, Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer, Mojokerto-Surabaya 36,27 kilometer, Gempol-Pasuruan untuk Seksi 1 JC Gempol-IC Rembang sepanjang 13,9 kilometer, Gempol-Pandaan 13,61 kilometer, serta Gempol-Pandaan tahap 2 sepanjang 1,56 kilometer. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Pantas saja banyak orang yang gemar berkunjung ke pemandian air panas. Ternyata ini manfaat belerang untuk kulit.
close