Jelang Mudik Lebaran, Pemprov Jatim Siapkan Infrastruktur Jalan Tol

0
35
Tim Pemantau Medsos
Soekarwo,Gubernur Jawa Timur.

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –┬áPemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan sejumlah infrastruktur jalan tol yang ruas-ruasnya berstatus fungsional sehingga bisa digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2018.

“Kami sudah lakukan koordinasi dan beberapa ruas jalan tol sudah difungsionalkan sehingga bisa dilewati pengendara pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti,” ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Selasa (29/5).

Hingga kini, kata dia, beberapa ruas tol tersebut sudah masuk tahap rigid atau pengecoran pada kondisi jalannya. Dan, Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jatim diminta terus melakukan pengecekan.

Loading...

“Kepala Dinas dan beberapa pihak terkait harus terus memantaunya, dan nanti menjelang Lebaran saya juga akan melihatnya secara langsung untuk memastikan jalan tol bisa digunakan,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo Hadi menjelaskan ada beberapa ruas tol yang akan difungsionalkan dan dilewati pemudik, meski nantinya hanya digunakan satu arah ketika arus mudik, begitu juga saat arus balik.

Sejumlah ruas tol yang statusnya difungsionalkan adalah ruas Mantingan-IC Ngawi (Klitik) sepanjang 34,20 kilometer, ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 38,75 kilometer, Seksi 2 IC Rembang-IC Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer, ruas Pandaan-Malang untuk Seksi 1 IC Pandaan-IC Purwodadi dengan panjang 15,48 kilometer.

“Khusus Seksi 3 masuk dari Sumberwuni-IC Pakis I/Karanglo juga fungsional. Harapannya untuk bagian dari Proyek Strategi Nasional (Non Trams Jawa) ruas tol Pandaan-Malang sepanjang 38,49 kilometer juga bisa fungsional saat Lebaran,” katanya.

Gatot juga merinci ruas tol yang statusnya sudah operasional, yaitu ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,51 kilometer, Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer, Mojokerto-Surabaya 36,27 kilometer, Gempol-Pasuruan untuk Seksi 1 JC Gempol-IC Rembang sepanjang 13,9 kilometer, Gempol-Pandaan 13,61 kilometer, serta Gempol-Pandaan tahap 2 sepanjang 1,56 kilometer. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama