Ojek Online Diam-Diam Beroperasi, Suherman Layangkan Surat Permohonan Blokir Aplikasi

GARUT, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Garut dan segenap stakeholder yang ada, akan melayangkan surat permohonan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) untuk memblokir aplikasi ojek online.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, menjelaskan permohonan itu dikarenakan ojek berbasis online di Garut secara diam-diam masih beroperasi, kendati Bupati Garut dengan tegas sudah melarang.

“Pemerintah Kabupaten Garut dengan pertimbangan masukan berbagai stakeholder yang ada diantaranya Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kejari, dan Ketua Pengadilan Negeri, terlebih adanya referensi dari DPRD. Sehingga dibuatlah surat ditujukan kepada Kementerian Perhubungan yang tembusannya disampaikan kepada Kominfo Pusat,” katanya kepada sejumlah wartawan di kantornya, Selasa (21/22).

Menurut Suherman, berbicara tentang ojek online, ada dua Kementerian yang terlibat yaitu Kementerian Perhubungan terkait aktivitas ojek di lapangan, dan Kominfo terkait aplikasi online-nya.

Suherman menegaskan tidak ada alasan untuk melegalkan ojek online beroperasi. Jika itu dibiarkan sama artinya melakukan tindakan inkonstitusional, melanggar peraturan dan perundang-undangan yang ada.

“Kalau dibaca di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 tahun 2017, bahwa kendaraan roda dua itu bukan merupakan angkutan umum. Dan itu jelas-jelas tidak diatur dan tidak ada aturan,” katanya.

Alasan lain yang juga menjadi pertimbangan besar Pemkab Garut adalah dampak sosial dan dampak ekonomi.

Dikhawatirkan keberadaan ojek online menimbulkan konflik horizontal. Terutama dengan pengusaha angkutan yang ada selama ini yang jelas-jelas dilindungi undang-undang, dan mereka taat terhadap aturan.

Dengan angkutan umum yang ada saja, lanjutnya, kondisi pengusaha bisa dikatakan tidak optimal dalam pendapatan karena volume jalan di Kabupaten Garut ini terbilang kecil.

“Kebutuhan masyarakat sementara ini masih relatif terpenuhi,” katanya.

Dan rupanya ketegasan Pemerintah Kabupaten Garut dijadikan referensi di Jawa Barat oleh kabupaten lain. Garut yang bisa dikatakan terdepan dan berani mengambil sikap terhadap pelarangan ojek online.

“Kami banggalah dengan ketegasan Bupati. Sehingga kemarin Diskominfo Kabupaten Garut akan membawa surat usulan itu ke Kominfo Pusat,” pungkasnya. (Roni HD/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy