BIJB Kertajati Siap Layani Pemberangkatan Haji

0
89
Ilustrasi.

BANDUNG – Bandar udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati siap melayani pemberangkatan jamaah haji dan umrah asal Jawa Barat serta melengkapi fasilitas seperti miniatur Kabah di sekitar lokasi bandara.

“Kami sudah memiliki rencana pengembangan fasilitas haji dan umrah, termasuk pendukung embarkasi haji. Harapan kami, Kementerian Agama RI dapat menetapkan BIJB sebagai salah satu embarkasi haji pada 2018,” ujar Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Jumat (15/9).

Virda mengatakan adanya kerusakan runway Bandara Halim Perdanakusumah pada saat pemberangkatan haji tahun ini, memberikan sinyal agar pembangunan BIJB dipercepat.

Loading...

Apalagi Jawa Barat tercatat sebagai daerah dengan jumlah jamaah haji terbesar yang hampir mencapai 40 ribu orang pertahun. Sehingga, kata dia, sudah seharusnya Jawa Barat segera mengoperasikan BIJB agar bisa memberangkatkan jamaah haji.

“Betapa pentingnya penyelesaian BIJB dipercepat, agar volume tinggi pemberangkatan dan kepulangan haji tahun depan harus bisa diselenggarakan di BIJB,” kata dia.

Saat ini, kata Virda, landasan pacu sudah terbentuk sepanjang 3.000 meter dan sudah memenuhi kriteria pendaratan dan penerbangan pesawat Boeing 777 yang biasa melayani jamaah.

Ke depan, BIJB akan mengembangkan lintasan hingga 3.500 meter agar bisa menampung, mendaratkan dan menerbangkan pesawat Airbus A380.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU