Ustadz Muhammad Ikhsan : Masyarakat Jangan Mudah Tertipu Berita Hoax

Pangkalan Bun, Seruji.com- Maraknya pemberitaan bohong (hoax) belakangan ini membuat anggota Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah angkat bicara. Pasalnya, tanpa adanya campur tangan pemerintah, tokoh agama yang memberikan kontrol dan pemahaman kepada khalayak umum, maka bisa menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia.

“Belakangan ini banyak berita dari berbagai media yang tidak sesuai fakta. Maka kami menghimbau agar masyarakat khususnya umat Islam jangan makan mentah-mentah atas kabar yang beredar,” kata ustadz Ikhsan.

Setiap kali ada berita, lanjutnya, yang belum pasti kebenarannya hendaknya tabayyun (klarifikasi) dulu sebelum membagi (share) kepada orang lain atau ke publik. Karena bisa jadi, munculnya berita tersebut dengan tujuan adu domba antara kelompok satu dengan lainnya.

“Kita jangan mau terprovokasi dengan kabar yang belum jelas. Karena banyak terjadi yang salah diberitakan benar dan yang benar diberikan salah,” imbuh mantan anggota DPRD Kobar masa bakti 2009-2014.

Pria yang merupakan alumni Pondok Pesantren “Darurrahman”  Jakarta Selatan dibawah kendali KH. Syukron Ma’mun dan juga Jebolan Sekolah Tawalib Bukit Tinggi Sumatra Barat dengan pengasuhnya Syeh Ibrohim Musa (Alm). merasa prihatin dengan banyaknya fitnah dan ujaran kebencian yang banyak ditujukan kepada umat Islam.

Ikhsan juga menduga bahwa maraknya berita bohong (hoax)  tak luput dari pesanan kelompok tertentu yang bertujuan untuk memecah belah ummat beragama. Maka ia berharap agar masyarakat pandai memfilter terhadap berita-berita yang muncul baik dari media cetak, elektronik dan juga dari media sosial lainnya. (Suhud Mas’ud /JP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER