Pembangunan Jembatan Penyeberangan Muna-Buton Dimulai 2019

0
24
  • 4
    Shares
Gubernur Sultra. H. Ali Mazi. (foto:AH/SERUJI)

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Rencana pembangunan jembatan penyeberangan Muna-Buton yang sempat tertunda cukup lama, akhirnya mulai dikerjakan di tahun 2019. Pemerintah pusat menyetujui anggaran pembangunan tersebut sebesar Rp1 Triliun.

“Jembatan yang panjangnya sekitar 1000 meter itu pantas diprioritaskan karena nantinya menjadi urat nadi perekonomian masyarakat kabupaten Muna dan Kabupaten Buton,”¬†Gubernur Sultra H Ali Mazi¬†wartawan di Kendari, Rabu (19/12).

Ali mengatakan, bahwa ia sudah memprogramkan pembangunan jembatan itu saat menjadi Gubernur Sultra 15 tahun yang lalu. Namun, tidak segera terwujud saat itu karena kendala anggaran.

Kini anggaran pembangunan jembatan itu sudah disetujui Bappenas dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

“Besar anggarannya mencapai Rp1 Triliun.” terangnya.

Jika pembangunan jembatan itu selesai, sejumlah wakil rakyat di DPRD Sultra menilai potensi sumber daya alam daerah kabupaten Muna dan Buton akan lebih mudah dipasarkan ke Kendari dan kota kota besar lainnya di Jawa.

Potensi kedua daerah itu selain hasil pertanian, perkebunan dan kelautan juga pariwisata. Jika hal itu terwujud, berarti Sultra berpeluang meraih prestasi besar, yaitu mengangkat keterbelakangan dan pengentasan kemiskinan.

“Karena menyadari potensinya yang besar di sektor perkebunan, pertanian, pariwisata dan kelautan itu saya memperjuangkan anggaran jembatan tersebut di pusat dan syukur alhamdulilah disetujui,” pungkasnya. (AH/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU