Berencana Utang Rp200 Miliar ke PT SMI, Pemkot Manado Minta Dukungan DPRD

0
26
Kantor Wali Kota Manado.

MANADO, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara menyurati DPRD setempat, minta dukungan untuk melakukan peminjaman dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sekitar Rp200 miliar guna mempercepat pembangunan sarana dan prasarana daerah.

“Suratnya bernomor 044/B.062/BPKAD/1106/2017, yang ditandatangani Wali Kota Vicky Lumentut, sudah kami terima dan berisikan maksud pemerintah tersebut,” kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado, dilansir Antara, Kamis (2/11).

Sualang mengatakan, pemerintah hendak meminjam dana kepada BUMN yang bergerak di bidang simpan pinjam tersebut untuk menyelesaikan pembangunan fisik tiga sarana dan prasarana prioritas guna diselesaikan.

Dana tersebut kata Sualang, akan dipakai untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit daerah, pasar tradisional bersehati dan sarana air bersih.

Dia mengatakan, pemerintah menyurati DPRD, untuk minta dukungan, sebab salah satu syarat utama dipertimbangkan bahkan diterimanya permohonan pinjaman tersebut adalah dukungan dari DPRD sebagai wakil rakyat.

Selain itu, menurutnya syarat utama lainya adalah sarana dan prasarana yang akan dibangun adalah fasilitas publik prioritas daerah yang termasuk dalam RPJMD, kemudian tidak ada tunggakan pemerintah daerah di pusat.

Syarat lainnya, kata Sualang, hasil audit laporan pemerintah daerah dari BPK minimal WDP dalam tiga tahun terakhir serta dukungan dari DPRD.

Hal itulah menurutnya yang diminta pemerintah, dan sebagai lembaga legislatif pihaknya akan memberikan dukungan, sebab langkah tersebut bertujuan untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Manado.

“Karena tujuannya untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana vital bagi kesejahteraan rakyat, maka kami mempertimbangkan untuk mendukung,” katanya.

Mengenai besaran dana yang akan dipinjam menurutnya belum disebutkan secara jelas, namun diperkirakan nominalnya akan mencapai Rp200 miliar untuk menyelesaikan pembangunan tersebut. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...