Berencana Utang Rp200 Miliar ke PT SMI, Pemkot Manado Minta Dukungan DPRD

0
21
Kantor Wali Kota Manado.

MANADO, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara menyurati DPRD setempat, minta dukungan untuk melakukan peminjaman dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sekitar Rp200 miliar guna mempercepat pembangunan sarana dan prasarana daerah.

“Suratnya bernomor 044/B.062/BPKAD/1106/2017, yang ditandatangani Wali Kota Vicky Lumentut, sudah kami terima dan berisikan maksud pemerintah tersebut,” kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado, dilansir Antara, Kamis (2/11).

Sualang mengatakan, pemerintah hendak meminjam dana kepada BUMN yang bergerak di bidang simpan pinjam tersebut untuk menyelesaikan pembangunan fisik tiga sarana dan prasarana prioritas guna diselesaikan.

Dana tersebut kata Sualang, akan dipakai untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit daerah, pasar tradisional bersehati dan sarana air bersih.

Dia mengatakan, pemerintah menyurati DPRD, untuk minta dukungan, sebab salah satu syarat utama dipertimbangkan bahkan diterimanya permohonan pinjaman tersebut adalah dukungan dari DPRD sebagai wakil rakyat.

Selain itu, menurutnya syarat utama lainya adalah sarana dan prasarana yang akan dibangun adalah fasilitas publik prioritas daerah yang termasuk dalam RPJMD, kemudian tidak ada tunggakan pemerintah daerah di pusat.

Syarat lainnya, kata Sualang, hasil audit laporan pemerintah daerah dari BPK minimal WDP dalam tiga tahun terakhir serta dukungan dari DPRD.

Hal itulah menurutnya yang diminta pemerintah, dan sebagai lembaga legislatif pihaknya akan memberikan dukungan, sebab langkah tersebut bertujuan untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Manado.

“Karena tujuannya untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana vital bagi kesejahteraan rakyat, maka kami mempertimbangkan untuk mendukung,” katanya.

Mengenai besaran dana yang akan dipinjam menurutnya belum disebutkan secara jelas, namun diperkirakan nominalnya akan mencapai Rp200 miliar untuk menyelesaikan pembangunan tersebut. (Ant/SU01)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Munas ke-10 KAHMI

Kamrussamad Raih Suara Terbanyak Pada Pemilihan Presidium KAHMI

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (BPP HIPKA) Kamrussamad meraih suara terbanyak pada Pemilihan Presidium Majelis Nasional...
Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...