Berencana Utang Rp200 Miliar ke PT SMI, Pemkot Manado Minta Dukungan DPRD

0
72
Kantor Wali Kota Manado.

MANADO, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara menyurati DPRD setempat, minta dukungan untuk melakukan peminjaman dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sekitar Rp200 miliar guna mempercepat pembangunan sarana dan prasarana daerah.

“Suratnya bernomor 044/B.062/BPKAD/1106/2017, yang ditandatangani Wali Kota Vicky Lumentut, sudah kami terima dan berisikan maksud pemerintah tersebut,” kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado, dilansir Antara, Kamis (2/11).

Sualang mengatakan, pemerintah hendak meminjam dana kepada BUMN yang bergerak di bidang simpan pinjam tersebut untuk menyelesaikan pembangunan fisik tiga sarana dan prasarana prioritas guna diselesaikan.

Dana tersebut kata Sualang, akan dipakai untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit daerah, pasar tradisional bersehati dan sarana air bersih.

Dia mengatakan, pemerintah menyurati DPRD, untuk minta dukungan, sebab salah satu syarat utama dipertimbangkan bahkan diterimanya permohonan pinjaman tersebut adalah dukungan dari DPRD sebagai wakil rakyat.

Selain itu, menurutnya syarat utama lainya adalah sarana dan prasarana yang akan dibangun adalah fasilitas publik prioritas daerah yang termasuk dalam RPJMD, kemudian tidak ada tunggakan pemerintah daerah di pusat.

Syarat lainnya, kata Sualang, hasil audit laporan pemerintah daerah dari BPK minimal WDP dalam tiga tahun terakhir serta dukungan dari DPRD.

Hal itulah menurutnya yang diminta pemerintah, dan sebagai lembaga legislatif pihaknya akan memberikan dukungan, sebab langkah tersebut bertujuan untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Manado.

“Karena tujuannya untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana vital bagi kesejahteraan rakyat, maka kami mempertimbangkan untuk mendukung,” katanya.

Mengenai besaran dana yang akan dipinjam menurutnya belum disebutkan secara jelas, namun diperkirakan nominalnya akan mencapai Rp200 miliar untuk menyelesaikan pembangunan tersebut. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...