Terkait TGUPP, Sumarsono Ingatkan Adanya Gubernur Bayangan Era Ahok

6
4793
Sumarsono
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan potensi adanya penyelewengan terkait keberadaan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang diisi hingga 74 orang.

Potensi penyelewengan itu, diungkap Sumarsono, terjadi pada era Gubernur DKI Jakarta dijabat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang ia sebut sebagai ‘Gubernur bayangan’.

“Yang bahaya, maaf ya, di zaman Pak Ahok juga terjadi. Staf khusus tuh kalau masuk SKPD seperti ‘Gubernur bayangan’, lebih ditakuti daripada Pak Ahok. Kedatangan dia (staf khusus, red) seperti mempersonifikasi Pak Ahok,” ungkap Soni di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/11).

Menurut Sumarsono, hal tersebut bisa juga terjadi dengan TGUPP Anies Baswedan.

“Ini pun (TGUPP Anies, red) bisa (juga) jadi ‘Gubernur bayangan’. Biasa sekali orang meminjam nama pimpinan,” imbuh dia.

Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang, Sumarsono menyarankan Anies Baswedan menyeleksi ketat orang-orang yang akan duduk di TGUPP.

“Perlu diawasi dan diseleksi ketat oleh DPRD DKI Jakarta. Jika tidak TGUPP ini bisa menjadi duri dalam daging dalam pemerintahan DKI Jakarta,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana akan membentuk tim TGUPP yang berisi 74 orang tenaga ahli. Berbagai pihak mengkritisi rencana mantan Menteri Pendidikan tersebut, yang dianggap terlalu besar dan menyerap anggaran yang juga cukup besar. (ARif R)

 

loading...

6 KOMENTAR

  1. Mengapa bapak ini baru bicara sekarang? Bukannya bapak pernah jadi Plt nya dan seharusnya bisa mencegahnya …. Bapak partisan yaa ????? Ingat pak !!!!!! ASN netral !!!!! Bukankah aturan bahwa ASN harus NETRAL dalam Pilkada dan Pilpres bapa yang membuat ???? Eliiiiing pak ????

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...