“Baduy Untuk Indonesia” Mewarnai Sebuah TPS di Banten

SERPONG – Ada yang Unik di tempat pemungutan suara (TPS) 14 di perumahan Graha Raya cluster Cornelia Residence Pondok Jagung 1, kelurahan Pondok Jagung Timur, kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten. TPS tersebut dihias dan dibentuk menyerupai suasana perkampungan suku Baduy, Banten. Sementara seluruh anggota KPPS menggunakan atribut atau pakaian adat suku Baduy lengkap.

“Sengaja kita mengambil tema ‘Baduy Untuk Indonesia’. Karena kita ingin mengangkat kearifan dan kebudayaan lokal,” ungkap Syarifudin, ketua RT 005 RW 002 saat ditemui CJ SERUJI, Rabu (15/2) pagi tadi.

Lebih lanjut Syarifudin menjelaskan bahwa kegiatan ini juga untuk mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Banten, bahwa Indonesia memiliki suku Baduy dengan segala keunikan tradisinya, yang tidak kalah dengan suku-suku lainnya yang ada di Indonesia.

“Selain itu, dengan tema tersebut diharapkan bagi generasi muda Banten harus bangga karena memiliki kekayaan berupa suku asli Banten, yaitu suku Baduy, suku yang hidupnya sangat dekat dengan alam”, tambahnya.

Sudah menjadi kebiasaan warga di perumahan tersebut jika ada pemilu (Pilkada, Pileg dan Pilpres), maka untuk menarik perhatian warga untuk datang ke TPS, pengurus RT setempat selalu membuat sesuatu yang unik. Kali ini dalam pemilu gubernur Banten, 15 Februari 2017, pengurus RT 005 RW 02 mengambil tema “Baduy Untuk Indonesia”.

Pada pemilihan Gubernur Banten kali ini, TPS 14 memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 227 orang. Pemilih akan menggunakan hak pilihnya guna memilih salah satu dari 2 pasangan calon gubernur Banten 2017, yaitu pasangan nomor 1 Wahidin Halim dan Andika Hazrumy, serta pasangan nomor 2 Rano Karno dan Embay Mulya Syarif.

CITIZEN JURNALIS (CJ): Jarot Sumarjono
EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER