“Baduy Untuk Indonesia” Mewarnai Sebuah TPS di Banten

SERPONG – Ada yang Unik di tempat pemungutan suara (TPS) 14 di perumahan Graha Raya cluster Cornelia Residence Pondok Jagung 1, kelurahan Pondok Jagung Timur, kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten. TPS tersebut dihias dan dibentuk menyerupai suasana perkampungan suku Baduy, Banten. Sementara seluruh anggota KPPS menggunakan atribut atau pakaian adat suku Baduy lengkap.

“Sengaja kita mengambil tema ‘Baduy Untuk Indonesia’. Karena kita ingin mengangkat kearifan dan kebudayaan lokal,” ungkap Syarifudin, ketua RT 005 RW 002 saat ditemui CJ SERUJI, Rabu (15/2) pagi tadi.

Lebih lanjut Syarifudin menjelaskan bahwa kegiatan ini juga untuk mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Banten, bahwa Indonesia memiliki suku Baduy dengan segala keunikan tradisinya, yang tidak kalah dengan suku-suku lainnya yang ada di Indonesia.

“Selain itu, dengan tema tersebut diharapkan bagi generasi muda Banten harus bangga karena memiliki kekayaan berupa suku asli Banten, yaitu suku Baduy, suku yang hidupnya sangat dekat dengan alam”, tambahnya.

Sudah menjadi kebiasaan warga di perumahan tersebut jika ada pemilu (Pilkada, Pileg dan Pilpres), maka untuk menarik perhatian warga untuk datang ke TPS, pengurus RT setempat selalu membuat sesuatu yang unik. Kali ini dalam pemilu gubernur Banten, 15 Februari 2017, pengurus RT 005 RW 02 mengambil tema “Baduy Untuk Indonesia”.

Pada pemilihan Gubernur Banten kali ini, TPS 14 memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 227 orang. Pemilih akan menggunakan hak pilihnya guna memilih salah satu dari 2 pasangan calon gubernur Banten 2017, yaitu pasangan nomor 1 Wahidin Halim dan Andika Hazrumy, serta pasangan nomor 2 Rano Karno dan Embay Mulya Syarif.

CITIZEN JURNALIS (CJ): Jarot Sumarjono
EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.