Anies Ubah Desain Trotoar Ahok-Djarot Yang Tidak Berpihak Pada Rakyat Kecil

4
812
desain sudirman thamrin
Desain trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin setelah dirubah dengan mengakomodasi jalur sepeda motor.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah merombak desain trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin, yang dibuat oleh Gubernur-Wakil Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Alasan Anies merombak desain tersebut karena dinilai tidak berpihak pada kepentingan rakyat kecil di Jakarta, yaitu dengan tidak adanya jalur sepeda motor dalam desain rancangan Ahok-Djarot.

“Kenapa? Karena kendaraan bermotor tidak boleh masuk Sudirman-Thamrin,” terang Anies saat memberikan sambutan dalam acara ramah tamah pengurus Asril Center periode 2018-2023 di Gedung RJA DPR RI, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/3).

Dijelaskan oleh Anies, desain yang dibuat Ahok-Djarot tidak memungkinkan sepeda motor masuk lewat koridor bisnis utama di Jakarta, Sudirman-Thamrin. Padahal, kata Anies, banyak transaksi bisnis yang melibatkan sektor ekonomi rakyat di kawasan tersebut yang menggunakan sepeda motor untuk mendukung usahanya.

“Saya bertemu dengan manajemen ojek online. Data mereka per hari ke Sudirman-Thamrin itu 480 ribu pengantaran. 480 ribu itu apa? makan siang, snack, kue pesanan-pesanan,” ungkap Anies.

Mengetahui kondisi tersebut, lanjut Anies, maka ia memutuskan merombak desain yang lama dengan desain baru yang memungkinkan sepeda motor lewat Sudirman-Thamrin.

“Siapa (yang pesan) itu, rakyat kecil, rakyat kebanyakan di seluruh Jakarta. Kalau (jalur sepeda motor) dipotong maka koridor bisnis utama di Jakarta tidak menarik usaha-usaha kecil di Jakarta,” jelasnya.

Desain awal rancangan masa Ahok-Djarot, dimana kiri-kanan trotoar yang lebar, tanpa jalur sepeda motor.

Anies menegaskan, bahwa sebagai pemerintah ia harus berpihak kepada semua lapisan masyarakat. Dengan alasan itu, maka ia memperbolehkan sepeda motor melintas di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin. (ARif R/Hrn)

loading...

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...