Anies Ubah Desain Trotoar Ahok-Djarot Yang Tidak Berpihak Pada Rakyat Kecil

4
748
desain sudirman thamrin
Desain trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin setelah dirubah dengan mengakomodasi jalur sepeda motor.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah merombak desain trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin, yang dibuat oleh Gubernur-Wakil Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Alasan Anies merombak desain tersebut karena dinilai tidak berpihak pada kepentingan rakyat kecil di Jakarta, yaitu dengan tidak adanya jalur sepeda motor dalam desain rancangan Ahok-Djarot.

“Kenapa? Karena kendaraan bermotor tidak boleh masuk Sudirman-Thamrin,” terang Anies saat memberikan sambutan dalam acara ramah tamah pengurus Asril Center periode 2018-2023 di Gedung RJA DPR RI, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/3).

Dijelaskan oleh Anies, desain yang dibuat Ahok-Djarot tidak memungkinkan sepeda motor masuk lewat koridor bisnis utama di Jakarta, Sudirman-Thamrin. Padahal, kata Anies, banyak transaksi bisnis yang melibatkan sektor ekonomi rakyat di kawasan tersebut yang menggunakan sepeda motor untuk mendukung usahanya.

“Saya bertemu dengan manajemen ojek online. Data mereka per hari ke Sudirman-Thamrin itu 480 ribu pengantaran. 480 ribu itu apa? makan siang, snack, kue pesanan-pesanan,” ungkap Anies.

Mengetahui kondisi tersebut, lanjut Anies, maka ia memutuskan merombak desain yang lama dengan desain baru yang memungkinkan sepeda motor lewat Sudirman-Thamrin.

“Siapa (yang pesan) itu, rakyat kecil, rakyat kebanyakan di seluruh Jakarta. Kalau (jalur sepeda motor) dipotong maka koridor bisnis utama di Jakarta tidak menarik usaha-usaha kecil di Jakarta,” jelasnya.

Desain awal rancangan masa Ahok-Djarot, dimana kiri-kanan trotoar yang lebar, tanpa jalur sepeda motor.

Anies menegaskan, bahwa sebagai pemerintah ia harus berpihak kepada semua lapisan masyarakat. Dengan alasan itu, maka ia memperbolehkan sepeda motor melintas di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin. (ARif R/Hrn)

loading...

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Pelabuhan Sita Ribuan Botol Miras

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Pelabuhan, Sulawesi Selatan, menyita 5.267 botol minuman keras beralkohol berbagai merek saat melakukan razia di beberapa lokasi diskotek, pub,...

Setnov Bantah Keterangan Perawat dan Satpam RS

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) membantah sejumlah keterangan perawat dan anggota satpam RS Medika Permata Hijau yang mengatakan dirinya sadar...

Mourinho Bantah Telah Menjual Salah

LONDON, SERUJI.CO.ID - Mantan manajer Chelsea Jose Mourinho tidak terkejut dengan penampilan bagus penyerang Liverpool Mohamed Salah pada musim ini, dan mengatakan keputusan untuk...
Febri Diansyah

KPK Panggil Tiga Anggota DPRD Kota Mojokerto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tiga anggota DPRD Kota Mojokerto dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap pengalihan anggaran pada Dinas Pekerjaan...
yasonna laoly, menkumham

Terkait Isu TKA, Ini Komentar Menkumham

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H Laoly menilai isu Tenaga Kerja Asing (TKA) terlalu dipolitisasi. "Jadi ini kan terlalu...