Anies Ubah Desain Trotoar Ahok-Djarot Yang Tidak Berpihak Pada Rakyat Kecil

4
835
  • 418
    Shares
desain sudirman thamrin
Desain trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin setelah dirubah dengan mengakomodasi jalur sepeda motor.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah merombak desain trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin, yang dibuat oleh Gubernur-Wakil Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Alasan Anies merombak desain tersebut karena dinilai tidak berpihak pada kepentingan rakyat kecil di Jakarta, yaitu dengan tidak adanya jalur sepeda motor dalam desain rancangan Ahok-Djarot.

“Kenapa? Karena kendaraan bermotor tidak boleh masuk Sudirman-Thamrin,” terang Anies saat memberikan sambutan dalam acara ramah tamah pengurus Asril Center periode 2018-2023 di Gedung RJA DPR RI, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/3).

Dijelaskan oleh Anies, desain yang dibuat Ahok-Djarot tidak memungkinkan sepeda motor masuk lewat koridor bisnis utama di Jakarta, Sudirman-Thamrin. Padahal, kata Anies, banyak transaksi bisnis yang melibatkan sektor ekonomi rakyat di kawasan tersebut yang menggunakan sepeda motor untuk mendukung usahanya.

“Saya bertemu dengan manajemen ojek online. Data mereka per hari ke Sudirman-Thamrin itu 480 ribu pengantaran. 480 ribu itu apa? makan siang, snack, kue pesanan-pesanan,” ungkap Anies.

Mengetahui kondisi tersebut, lanjut Anies, maka ia memutuskan merombak desain yang lama dengan desain baru yang memungkinkan sepeda motor lewat Sudirman-Thamrin.

“Siapa (yang pesan) itu, rakyat kecil, rakyat kebanyakan di seluruh Jakarta. Kalau (jalur sepeda motor) dipotong maka koridor bisnis utama di Jakarta tidak menarik usaha-usaha kecil di Jakarta,” jelasnya.

Desain awal rancangan masa Ahok-Djarot, dimana kiri-kanan trotoar yang lebar, tanpa jalur sepeda motor.

Anies menegaskan, bahwa sebagai pemerintah ia harus berpihak kepada semua lapisan masyarakat. Dengan alasan itu, maka ia memperbolehkan sepeda motor melintas di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin. (ARif R/Hrn)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU