Tangkal Hoax, Diskominfo Siapkan Situs Web

MATARAM, SERUJI.CO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan situs web (website) untuk menangkal berita “hoax” melalui jaringan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi.

“Dengan adanya situs web pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), masyarakat bisa melakukan klarifikasi terhadap berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram H Lalu Junaidi di Mataram, Rabu (27/9).

Pernyataan itu disampaikannya seusai menghadiri kegiatan pembukaan sosialisasi penguatan PPID dan bimbingan teknis informasi dikecualikan (uji konsekuensi) informasi publik yang diikuti lebih dari 60 orang perwakilan dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Mataram.

Dikatakan, apabila masyarakat menemukan sebuah berita yang meragukan, masyarakat bisa langsung menayakan kebenaran berita tersebut ke PPID, baik secara langsung mapun tidak.

“Silakan jika ingin datang langsung ke PPID di setiap OPD, atau di PPID sentral, atau melalui pesan singkat pada nomor 08175264632,” sebutnya.

Lebih jauh, Junaidi mengatakan, sosialisasi PPID ini menjadi bagian penguatanan keberadaan PPID agar mampu menetralisir berbagai berita-berita “hoax” di tengah masyarakat, serta wajib menyampaikan informasi yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Kecuali informasi-informasi tentang kerahasiaan negara, harus dipertimbangan dampak negatif dan positifnya. Jadi tidak semua informasi kita sebar,” katanya.

Informasi yang dikecualikan yang dimaksudkan itu misalnya tidak semua hasil pemeriksaan dari inspektorat bisa disampaikan secara terbuka karena masih banyak hal yang perlu diklarifikasi.

Di sisi lain, untuk memotivasi PPID di setiap OPD Kota Mataram, pihaknya akan melakukan evaluasi dan akan memberikan penghargaan bagi OPD yang paling aktif memberikan informasi kepada masyarakat.

Informasi dari OPD harus ditayangkan atau di “upload” pada “website” PPID masing-masing, sehingga menjadi bagian keterbukaan informasi publik.

“Penghargaan yang akan kita berikan semata-mata untuk memotivasi PPID disetiap OPD aktif memberikan informasi, sekaligus menangkal berita ‘hoax’,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER