Masyarakat Bali Membaur Bantu Pengungsi Gunung Agung

DENPASAR – Sejumlah perempuan tampak sibuk memasak di sebuah balai banjar, sedangkan beberapa lainnya membersihkan dan memotong sayur mayur serta menyiapkan bumbu sebelum dimasak.

Balai banjar itu disulap menjadi tempat penampungan sementara para pengungsi sejak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PWMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM meningkatkan status Gunung Agung (3.143 meter di atas permukaan air laut) di Kabupaten Karangasem, Bali, dari Level III (Siaga) menjadi level IV atau Awas mulai Jumat (22/9) malam.

Pengungsi dan masyarakat setempat tampak berbaur dalam menyiapkan makanan bersama di tempat penampungan sementara seperti yang disaksikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ketika melihat dari dekat pengungsi di sejumlah balai banjar di wilayahnya.

Masyarakat selain membantu logistik, juga mengizinkan rumahnya sebagai tempat penampungan sementara. Di wilayah Kabupaten Klungkung, tetangga paling dekat Kabupaten Karangasem itu menampung 1.608 kepala keluarga (KK) atau 8.525 jiwa hingga Sabtu (23/9) petang.

Bersamaan dengan peningkatan status Gunung Agung, maka wilayah steril yang semula radius enam kilometer dari puncak gunung itu diperluas menjadi sembilan kilometer, serta ditambah perluasan wilayah sektoral yang semula 7,5 kilometer menjadi 12 kilometer ke arah utara, timur laut, tenggara, dan selatan-barat daya.

Dengan demikian seluruh desa di lereng gunung yang berbahaya itu telah dikosongkan dan masyarakatnya dievakuasi ke tempat-tempat yang aman di wilayah Kabupaten Karangasem, Klungkung, Buleleng, Bangli, Gianyar, Denpasar, Tabanan, hingga Jembrana.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jumlah pengungsi hingga kini bertambah menjadi 15.142 jiwa yang tersebar pada 125 titik di tujuh kabupaten di Bali.

Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah, karena Pemkab Karangasem memperkirakan masyarakat yang bermukim pada radius enam kilometer sekitar 15.000 jiwa yang harus dievakuasi, sedangkan di radius 12 kilometer itu sebanyak 100.000 penduduk.

Pengungsi yang tersebar di 125 titik di tujuh kabupaten/kota itu menempati posko terpadu yang disiapkan BPBD bekerja sama dengan TNI Polri, GOR, balai desa, balai banjar, maupun rumah-rumah penduduk.

Banyaknya titik pengungsian, menurut Sutopo Purwo Nugroho menyebabkan distribusi logistik dan bantuan terkendala karena petugas harus menyalurkan ke lokasi pengungsian yang terpencar.

Meskipun demikian, semuanya diharapkan dapat teratasi dengan baik, berkat bantuan dan peran serta masyarakat Bali yang secara berbaur untuk ambil bagian dalam mengatasi masalah pengungsi Gunung Agung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

The SOMAD Power

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER