SERUJI.CO.ID – Banyak karyawan tidak menyadari bahwa mereka bekerja di suatu tempat yang bukan milik mereka, dimana mereka tidak bisa sesuka hatinya melakukan kegiatan apapun, tanpa seizin perusahaan. Sehingga sering terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki. Seperti banyaknya karyawan yang membawa pulang dokumen perusahaan ataupun barang-barang perusahaan. Surat-surat penting yang sering “berjalan-jalan” padahal seharusnya surat tersebut berada di dalam kantor, ataupun hal-hal lainnya. Dan itu terjadi tanpa sepengetahuan pimpinan.
Lalu benarkah para karyawan ini tidak mengetahui peraturan perusahaan atau mereka memang tahu tetapi pura-pura tidak tahu?
Atau ada lagi sebahagian karyawan yang memang hanya ingin membuat perusahaan tambah rugi, karena sakit hati dan dendam-dendam kesumat lainnya?
Yang pasti dan tidak dapat dipungkiri, kebanyakan perusahaan sering terlambat mengetahui bahwa dokumen, surat-surat dan hal lain perusahaan sering berpindah tempat. Akhirnya hilang satu persatu dan semakin banyak yang hilang dan ironisnya kadang tidak kembali lagi.
Keadaan ini tidak sepenuhnya adalah kesalahan karyawan, karena sebagai perusahaan yang baik seyogianyalah kita telah mengantisipasi akan terjadi hal-hal seperti ini. Dengan membuat peraturan tertulis dan membuatnaya menjadi sebuah surat pernyataan yang harus diketahui dan ditandatangani karyawan, sehingga setiap karyawan bertanggung jawab apa yang telah dilakukannnya. Sehingga karyawan tidak dapat mengelak jika mereka telah melanggar hal-hal yang telah disepakati.
Menjaga hal-hal penting perusahan seperti dokumen, surat dan lain-lainnya adalah hal-hal yang sangat prioritas. Sama pentingnya dengan kinerja karyawan. Sehingga perusahaan mewanti-wanti karyawannya untuk selalu menjaga kinerjanya. Hanya saja sebahagian besar perusahaan hanya terfokus untuk menjaga kinerja karyawannya agar produktifitas perusahaan selalu berkesinambungan, daripada berpikir tentang menjaga hal-hal penting yang perlu dijaga perusahaan.
Padahal jika ini tidak dijaga, seberapa besar pun produktifitas yang kita miliki, bisa mempengaruhi jalannya perusahaan. Operasional akan terganggu, akhirnya kita harus memulai perlahan-lahan kembali.
Oleh sebab itu perusahaan tidak boleh mengabaikan hal penting yang ada di perusahaan. Seluruh karyawan, tidak terkecuali pimpinan bersama-sama menjaga hal-hal penting perusahaan tersebut. Jangan sampai perusahaan baru menyadari ketika sudah lenyap alias terlambat. Adalah sebuah kewajiban mutlak bagi setiap karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan untuk tetap berkomitmen terhadap 5 hal penting dimaksud.