Deteksi Dini Kanker Serviks dengan IVA Test

Beberapa tahun terakhir ini sering ditayangkan iklan layanan masyarakat yang menyarankan agar ibu-ibu melakukan test IVA. Didalam iklan tersebut juga disarankan agar melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas dan gratis.

IVA merupakan pemeriksaan pada leher rahim (serviks) dengan cara dilihat langsung dengan mata telanjang ke arah permukaan serviks oleh tenaga kesehatan terlatih dengan sebelumnya permukaan seviks tersebut dipulas dengan asam asetat 3-5%.

Serviks atau leher rahim secara anatomi terletak diantara liang vagina dan rahim. Diperlukan alat yang disebut spekulum untuk membuka liang vagina agar permukaan leher rahim bisa terlihat oleh pemeriksa. Spekulum ini hanya boleh digunakan bagi mereka yang pernah melakukan hubungan seksual, sebab alat ini bisa merobek selaput dara.

Kelebihan test IVA dibanding test deteksi dini kanker serviks lainnya (misal Pap Smear) adalah praktis dan mudah sehingga bisa dilaksanakan oleh tenaga kesehatan selain dokter spesialis kandungan dengan syarat sudah dilatih tentunya. Alat yang dibutuhkan juga sederhana sehingga bisa dikerjakan di fasilitas kesehatan sederhana semisal Puskesmas atau praktek dokter pribadi.

Tetapi realitasnya sangat sedikit tenaga kesehatan yang sudah terlatih sehingga hanya sedikit Puskesmas yang mampu melayani test IVA. Namun kabar gembiranya hampir semua rumah sakit milik pemerintah sudah bisa melayani. Bagi peserta BPJS biaya pemeriksaan ini ditanggung BPJS.

Test IVA ditujukan bagi wanita umur 30-50 tahun yang sudah pernah melakukan hubungan seksual. Persiapan khusus sebelum dilakukan test IVA adalah tidak sedang menstruasi, tidak sedang hamil, tidak melakukan hubungan seksual minimal 24 jam sebelum dilakukan test IVA.

lesi pra kanker
Gambar lesi pra kanker serviks

Setelah dilakukan test IVA didapatkan hasil IVA negatif, IVA radang, IVA positif, IVA kanker serviks.

Disebut IVA negatif bila tidak ditemukan kelainan. IVA radang bila ditemukan radang. IVA positif bila ditemukan bercak putih (aceto white epithelium) yang sering disebut sebagai lesi* pra kanker, IVA kanker serviks bila ditemukan lesi yang dicurigai lesi kanker.

Bila hasil tes IVA negatif maka dianjurkan untuk test IVA lagi 5 tahun mendatang serta ditindaklanjuti dengan imunisasi HPV.

Bila hasil IVA positif disarankan untuk diterapi dan test IVA lagi satu tahun mendatang.

Penemuan lesi pra kanker inilah yang disebut dengan deteksi dini kanker serviks. Lesi pra kanker bisa langsung diobati dengan mudah sehingga tidak berkembang menjadi kanker.

*lesi adalah istilah kedokteran yang digunakan untuk menyebutkan keadaan jaringan yang abnormal. Misal keadaan abnormal ada di kulit boleh disebut terdapat lesi di kulit, misal keadaan abnormal di otak boleh dikatakan terdapat lesi di otak, dan lain-lain.

PENULIS: dr. Endang Sulistyowati
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.