Pemprov Sultra Bantu Rp5 Miliar Agar RSU Bahteramas Tetap Beroperasi

0
17
  • 4
    Shares

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya turun tangan membantu keuangan RSU Bahteramas Kendari. Pemprov memberikan bantuan Rp5 miliar agar RSU Bahteramas tetap lancar beroperasi.

“Kami tidak ingin rumah sakit andalan warga Sultra itu keteter melayani masyarakat yang sakit. Karena itu kami bantu Rp5 miliar agar pelayanan RSU Bahteramas tetap lancar” ujar Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas kepada SERUJI, di Kendari, Rabu (19/12).

Keuangan rumah sakit tipe B itu terancam bermasalah menyusul utang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang tak kunjung dilunasi sejak bulan Mei lalu.

Lukman menjelaskan, nilai utang BPJS Kesehatan itu memang besar, mencapai milyaran rupiah dan sudah sering ditagih sejak Mei lalu namun tak pernah direalisasikan.

“Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sudah sepantasnya bila Pemprov turun tangan membantu keuangan RSU Bahteramas,” kata Lukman.

Wakil Gubernur yang juga guru karate ini menanbahkan, kendati sudah dibantu Rp5 miliar, utang BPJS itu dianjurkan terus ditagih. Pemprov pun sudah menyurati BPJS dan menanyakan kapan utang itu dilunasi.

Utang BPJS Kesehatan itu diketahui Lukman Senin lalu, usai meresmikan penggunaan beberapa fasilitas baru di RSU Bahteramas, Kendari. Saat itu Direktur RSU Bahteramas dr Yusuf Hamra menjelaskan bahwa tahun ini RSU Bahteramas tidak berhasil memenuhi target perolehan, antara lain karena utang BPJS Kesehatan yang cukup besar jumlahnya, tak pernah dilunasi walau tagihan terus dilakukan sejak Mei lalu.

Lukman berharap setelah disurati pihak BPJS Kesehatan akan memperlihatkan niat baiknya dan melunasi utangnya agar kegiatan sehari-hari RSU Bahteramas normal kembali. (AH/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU