Pemprov Sultra Bantu Rp5 Miliar Agar RSU Bahteramas Tetap Beroperasi

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya turun tangan membantu keuangan RSU Bahteramas Kendari. Pemprov memberikan bantuan Rp5 miliar agar RSU Bahteramas tetap lancar beroperasi.

“Kami tidak ingin rumah sakit andalan warga Sultra itu keteter melayani masyarakat yang sakit. Karena itu kami bantu Rp5 miliar agar pelayanan RSU Bahteramas tetap lancar” ujar Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas kepada SERUJI, di Kendari, Rabu (19/12).

Keuangan rumah sakit tipe B itu terancam bermasalah menyusul utang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang tak kunjung dilunasi sejak bulan Mei lalu.

Lukman menjelaskan, nilai utang BPJS Kesehatan itu memang besar, mencapai milyaran rupiah dan sudah sering ditagih sejak Mei lalu namun tak pernah direalisasikan.

“Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sudah sepantasnya bila Pemprov turun tangan membantu keuangan RSU Bahteramas,” kata Lukman.

Wakil Gubernur yang juga guru karate ini menanbahkan, kendati sudah dibantu Rp5 miliar, utang BPJS itu dianjurkan terus ditagih. Pemprov pun sudah menyurati BPJS dan menanyakan kapan utang itu dilunasi.

Utang BPJS Kesehatan itu diketahui Lukman Senin lalu, usai meresmikan penggunaan beberapa fasilitas baru di RSU Bahteramas, Kendari. Saat itu Direktur RSU Bahteramas dr Yusuf Hamra menjelaskan bahwa tahun ini RSU Bahteramas tidak berhasil memenuhi target perolehan, antara lain karena utang BPJS Kesehatan yang cukup besar jumlahnya, tak pernah dilunasi walau tagihan terus dilakukan sejak Mei lalu.

Lukman berharap setelah disurati pihak BPJS Kesehatan akan memperlihatkan niat baiknya dan melunasi utangnya agar kegiatan sehari-hari RSU Bahteramas normal kembali. (AH/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER