Mudik Lebaran 2018 Jakarta – Solo Bisa Lewat Tol Transjawa

1
51
tol salatiga
Gerbang Tol Salatiga. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Waktu tempuh perjalanan mudik Lebaran tahun 2018 diperkirakan lebih cepat, menyusul sejumlah ruas jalan tol Transjawa sudah bisa dioperasikan secara penuh dan beberapa ruas dioperasikan secara terbatas (fungsional).

Sesuai penjelasan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di sela peresmian operasional jalan tol Bawen-Salatiga oleh Presiden RI Joko Widodo di Salatiga, Senin (25/9), pada masa mudik Lebaran tahun depan jalur Jakarta hingga Solo sudah dapat dilalui lewat jalan tol, walaupun sebagian masih jalur tol fungsional.

Ruas tol yang kemungkinan dioperasikan secara fungsional yakni berada di ruas Batang hingga Semarang sekitar 75 km dan ruas Salatiga hingga Solo sepanjang 32 km, selainnya jalur Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Batang, serta Semarang-Bawen-Salatiga, sudah jalan tol operasional penuh.

Menurut penjelasan Dirut tol Batang-Semarang Saut Simatupang, saat ini ruas tol Batang-Semarang dalam tahap konstruksi mencapai 40 persen, sementara pembebasan lahan masih belum selesai sekitar 4 persen, karena terkait dengan tanah wakaf dan areal sekolah. Soal pembebasan lahan ini akan dikoordiasikan dengan Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan setempat agar dapat diselesaikan secepatnya.

Sementara ruas Salatiga-Kartasura (Solo), menurut Menteri PUPR saat ini proses konstruksi mencapai sekitar 30 persen dan diharapkan pada masa mudik 2018 sudah pengerasan (rigid) yang bisa dilalui secara fungsional.

Dengan demikian jalur tol Jakarta hingga Solo sepanjang sekitar 432 km sudah dapat dilalui pada masa mudik tahun 2018.

“Dengan operasionalnya sejumlah jalur tol tersebut, biarpun sebagian sebagian masih dalam kondisi fungsional, mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi masyarakat, kaena waktu tempuh perjalanan mudik akan lebih singkat,” kata Basuki Hadimuljono.

Operasional jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km, yang merupakan bagian dari jalur tol Semarang-Solo seoanjang 73 km, diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, turut dihadiri Ibu Irina Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Dirut Jasa Marga Tbk Desi Arryani, serta Walikota Salatiga H. Yulianto.

Seluruh proses pembangunan ruas tol Bawen-Salatiga diselesaikan dalam waktu dua tahun. Tarif tol ini untuk golongan I Rp 17.500, golongan II Rp 26.500, golongan III Rp 35.000, golongan IV Rp 44.000 dan golongan V Rp 53.000.

Ruas tol Bawen-Salatiga melengkapi ruas tol Semarang-Ungaran sepanjang 10.85 km yang diperasikan sejak November 2011, dan ruas Ungaran-Bawen sepanjang 11.99 km yang dioperasikan sejak April 2014.

Jalan Tol Semarang-Solo dikelola oleh PT Trans Marga Jateng yang merupakan konsorsium PT Jasa Marga Tbk, Astra Infra dan PT Sarna Pembangunan Jawa Tengah. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Wapres KAHMI

Tutup Munas Kahmi Ke- 10, Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dapat menonjolkan intelektualisme kecendekiawanan. Kalau berbicara dengan batas...
Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...

KANAL WARGA TERBARU

image4214

USULAN REMBAG EKONOMI UMAT Versi II

DEPO MUSLIM INDONESIA Barang Warung Harga Grosir Bentuk : Koperasi Jasa Bidang : Distribusi Anggota : 1. Pemilik Warung/usaha retail muslim 2. Produsen muslim Spesialisasi Depo dan Distribusi Modal : 1. Stok Barang...
Doa Bisa Simalakama

Doa Bisa Simalakama

Doa bisa dipandang dari dua aspek. Pertama, doa dilihat dari aspek FUNGSInya. Kedua, doa dilihat dari aspek ISInya. Dilihat dari sisi FUNGSInya, doa adalah ibadah....
VIR

Belajar dari “HUKUM OHM”, Selamat datang Masalah

Jamak kita temui, hampir setiap orang yang menghadapi masalah terlihat kusut di wajahnya. Pada tingkatan tertentu, ada sebagian orang bahkan sampai stres dalam menghadapi...