Mudik Lebaran 2018 Jakarta – Solo Bisa Lewat Tol Transjawa

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Waktu tempuh perjalanan mudik Lebaran tahun 2018 diperkirakan lebih cepat, menyusul sejumlah ruas jalan tol Transjawa sudah bisa dioperasikan secara penuh dan beberapa ruas dioperasikan secara terbatas (fungsional).

Sesuai penjelasan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di sela peresmian operasional jalan tol Bawen-Salatiga oleh Presiden RI Joko Widodo di Salatiga, Senin (25/9), pada masa mudik Lebaran tahun depan jalur Jakarta hingga Solo sudah dapat dilalui lewat jalan tol, walaupun sebagian masih jalur tol fungsional.

Ruas tol yang kemungkinan dioperasikan secara fungsional yakni berada di ruas Batang hingga Semarang sekitar 75 km dan ruas Salatiga hingga Solo sepanjang 32 km, selainnya jalur Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Batang, serta Semarang-Bawen-Salatiga, sudah jalan tol operasional penuh.

Menurut penjelasan Dirut tol Batang-Semarang Saut Simatupang, saat ini ruas tol Batang-Semarang dalam tahap konstruksi mencapai 40 persen, sementara pembebasan lahan masih belum selesai sekitar 4 persen, karena terkait dengan tanah wakaf dan areal sekolah. Soal pembebasan lahan ini akan dikoordiasikan dengan Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan setempat agar dapat diselesaikan secepatnya.

Sementara ruas Salatiga-Kartasura (Solo), menurut Menteri PUPR saat ini proses konstruksi mencapai sekitar 30 persen dan diharapkan pada masa mudik 2018 sudah pengerasan (rigid) yang bisa dilalui secara fungsional.

Dengan demikian jalur tol Jakarta hingga Solo sepanjang sekitar 432 km sudah dapat dilalui pada masa mudik tahun 2018.

“Dengan operasionalnya sejumlah jalur tol tersebut, biarpun sebagian sebagian masih dalam kondisi fungsional, mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi masyarakat, kaena waktu tempuh perjalanan mudik akan lebih singkat,” kata Basuki Hadimuljono.

Operasional jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km, yang merupakan bagian dari jalur tol Semarang-Solo seoanjang 73 km, diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, turut dihadiri Ibu Irina Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Dirut Jasa Marga Tbk Desi Arryani, serta Walikota Salatiga H. Yulianto.

Seluruh proses pembangunan ruas tol Bawen-Salatiga diselesaikan dalam waktu dua tahun. Tarif tol ini untuk golongan I Rp 17.500, golongan II Rp 26.500, golongan III Rp 35.000, golongan IV Rp 44.000 dan golongan V Rp 53.000.

Ruas tol Bawen-Salatiga melengkapi ruas tol Semarang-Ungaran sepanjang 10.85 km yang diperasikan sejak November 2011, dan ruas Ungaran-Bawen sepanjang 11.99 km yang dioperasikan sejak April 2014.

Jalan Tol Semarang-Solo dikelola oleh PT Trans Marga Jateng yang merupakan konsorsium PT Jasa Marga Tbk, Astra Infra dan PT Sarna Pembangunan Jawa Tengah. (Ant/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER