Disindir Soal Mobil Esemka, Luhut: Kamu Saja Yang Naik, Jangan Jokowi

17
967
  • 424
    Shares
Mobil Esemka menjalani prosesi siraman yang dilakukan Jokowi, walikota Solo. (foto: okezone.com)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menanggapi berbagai pihak yang menyindir Presiden Jokowi agar memakai mobil Esemka menggantikan mobil kepresidenan yang sering mogok.

“Kalau Esemka, kamu saja yang naik. Jangan kita suruh Presiden naik,” kata Luhut sambil tertawa menjawab pertanyaan wartawan dalam acara Coffee Morning di Jakarta, Jumat (24/3).

Menurut Luhut, kualitas mobil yang mengangkat nama Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo itu masih belum memenuhi spesifikasi mobil kepresidenan. “Yang mengusulkan penggunaan Esemka untuk jadi mobil kepresidenan harus memikirkan banyak hal,” katanya.

Lebih lanjut mantan Menko Polhukam itu menjelaskan, ada standar spesifikasi yang harus dipenuhi kendaraan untuk menjadi mobil kepresidenan. Standar tersebut bahkan berlaku universal di beberapa negara karena intinya harus bisa mengamankan kepala negara dari bahaya di titik tertentu.

“Mungkin 20 tahun lagi Esemka sudah bagus, sudah bisa bikin bulletproof (antipeluru), kenapa tidak? Bisa saja. Tapi sekarang saya rasa belum,” katanya.

Sebagaimana diketahui mobil kepresidenan RI-1, Mercedes Benz S-600 keluaran tahun 2007, sudah berkali-kali mogok saat menjalankan tugas mengantar Presiden Jokowi. Baru-baru ini terulang saat Presiden mengunjungi Kalimantan Barat (Kalbar), mobil mogok di desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (18/3). Sebelumnya kejadian serupa terjadi di Jawa Tengah sebanyak dua kali dan di Magetan Jawa Timur.

Akibat peristiwa itu banyak pihak menyarankan Jokowi menggunakan mobil Esemka yang telah mempoulerkan dirinya waktu menjabat walikota Solo, yang akhirnya mengantar Jokowi jadi Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Indonesia.

Tidak kurang Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyarankan Presiden Jokowi menggunakan monil Esemkan. Ia menilai mobil kepresidenan tidak seharusnya mogok, apalagi hingga empat kali.

“lebih baik menggunakan mobil Esemka yang dahulu pernah dipopulerkan saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo,” kata Fadli baru-baru ini.

EDITOR: Iwan S

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

17 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU