Status hati dalam diri setiap orang itu ada di dua posisi, lahiriyah dan ruhaniyah. Hati ditinjau secara lahiriyah adalah organ tubuh sejenis daging yang terkadang sehat, dapat berfungsi menawarkan dan menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, namun dapat pula mengidap penyakit seperti kanker hati, edema, ascites, hepatitis, dan berbagai penyakit lainnya.

Sedangkan, hati ditinjau dari segi ruhaniyah maka lebih bersifat maknawi sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Rasululah SAW berikut ini.

Sy. Ni’mah bin Basyir RA mengungkapkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya dalam diri manusia ini ada segumpal daging. Jika daging ini baik, maka baiklah seluruh tubuhnya. Namun, jika daging itu rusak, maka seluruh tubuhnya akan menjadi rusak. Ketahuilah, daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Perumpamaan hati itu seperti sehelai bulu di tanah yang lapang, dan mudah di bolak-balikkan angin.” (HR. Ahmad dan Ibnu Abi Ashim).

Ke dua hadits Nabi di atas menunjukkan bahwa kebaikan seseorang itu tergantung dari sifat hati masing-masing. Jika seseorang itu pandai menjaga dan memelihara hatinya, maka seluruh amal perbuatannya akan menjadi baik pula, terutama dalam pandangan Sang Pencipta, Allah SAW.

Sebaliknya keadaan hati yang mudah berubah ibarat sehelai bulu di tanah lapang yang terterpa angin itu, seringkali dimanfaatkan oleh setan untuk menodai pemiliknya, hingga terbawa arus kemaksiatan demi kemaksiatan yang tiada henti, kecuali mereka yang senantiasa dirahmati dan dilindungi oleh Allah SAW.

1
2
Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama