SERUJI.CO.ID – Untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat pembaca selalu menanti tulisan-tulisan anda di kanal “WARGA SERUJI”, saya coba berikan sedikit petunjuk yang mungkin dapat membantu anda menulis lebih baik.

Pertama, terkait judul tulisan. Perlu diketahui judul adalah hal yang pertama akan dibaca pembaca. Dari judul lah pembaca akan memutuskan, apakah akan terus membaca atau leave it.

Judul ibarat packaging dari sebuah produk, oleh karenanya ia harus semenarik mungkin, sehingga orang ingin tahu apa isi dari tulisan anda. Tapi ingat, judul juga harus tetap konsisten menggambarkan isi.

loading...

Selain itu, perhatikan juga tata tulis judul. Di SERUJI, judul diatur sedemikian rupa, dimana seluruh awalan kata adalah huruf KAPITAL. Ingat hanya awalan kata, bukan keseluruhan kata. Kecuali kata preposisi seperti ‘di, ‘ke’, ‘dari’ dan sejenis.

Kedua, pilihlah kanal yang paling sesuai untuk tulisan anda. Kanal ‘Berita Warga’ adalah tulisan berupa ‘reportase’ atas suatu peristiwa atau wawancara. Yang namanya berita sedapat mungkin penuhilah kaidah penulisan berita paling dasar, 5W1H; What, Where, When, Who, Why dan How.

Kanal ‘Opini Warga’ adalah tulisan berupa pendapat atau pandangan anda atas suatu peristiwa. Sementara ‘Artikel Warga’ adalah kanal yang dimaksudkan untuk tulisan ‘WARGA SERUJI’ berupa gagasan atau berbagi atas suatu pengetahuan atau keilmuan, dan pengalaman. Tausiyah, termasuk kedalam kanal ‘Artikel Warga’ ini.

Kanal ‘Berita warga’, adalah kanal yang khusus ditujukan untuk memberitakan apa yang dilihat, atau dialami langsung oleh warga, dan inilah Citizen Jurnalism tersebut.

Selain itu tersedia juga kanal ‘Kuliner’ sebagai tempat menulis hal-hal terkait kuliner. Kanal ‘Otomotif’ bagi yang ingin menulis terkait otomotif, kanal ‘Sastra’ bagi yang berminat menulis karya-karya sastra, seperti cerpen, novel, puisi, dan sejenis. Sementara kanal ‘Traveling’ untuk yang hobi menulis tentang tempat wisata, dan ‘Tren’ adalah kanal yang bisa diisi dengan tulisan terkait tren yang sedang hot di masyarakat, apakah itu terkait teknologi, kebiasaan di masyarakat, atau lainnya.

Ketiga, terkait penulisan. Perhatikan bawah SERUJI tidak mengizinkan backlink di setiap tulisan yang mengarahkan pembaca ke link URL manapun, kecuali ke URL di dalam SERUJI sendiri.

Karena semua tulisan ‘WARGA SERUJI’ tidak melewati proses di Editor SERUJI, maka perhatikanlah setiap kalimat yang ditulis. Koreksi agar tidak ada typo, penggunaan kata yang salah, kalimat yang rancu dan sejenis, yang akan menyulitkan pembaca memahami pesan yang ingin anda sampaikan dalam tulisan.

Gunakanlah fasilitas ‘Insert Photo’ seperlunya dan tempatkan di dalam tulisan sesuai tempatnya, sehingga bagus dilihat dan nyaman dibaca. Foto atau gambar yang ditempatkan asal-asalan, akan membuat pembaca segera meninggalkan tulisan anda.

Fasilitas ‘Gambar Utama’ adalah gambar yang akan dimunculkan dibagian paling atas tulisan anda saat terbit di kanal ‘WARGA SERUJI’. Gambar yang anda ‘upload’ haruslah representasi dari yang anda tulis.

Jangan upload foto diri di fasilitas ‘Gambar Utama’, karena foto diri anda sudah eksis dibagian bawah setap tulisan yang diterbitkan. Gambar yang menarik akan membuat pembaca penasaran untuk segera membaca tulisan anda.

Yang penting diingat, gambar haruslah dalam posisi landscape/mendatar dan ukuran gambar utama jangan kurang dari 600 pixel lebarnya.

Bagi yang foto dirinya belum muncul, coba daftarkan email yang anda gunakan di ‘WARGA SERUJI’ ke gravatar.com.

Keempat, berpromosilah. Walau SERUJI memiliki fasilitas yang otomatis mengirimkan setiap tulisan yang baru terbit di portal ini ke berbagai akun sosial media serta aplikasi kirim pesan dan terindex di mesin pencari google, tapi jika anda mempromosikan tulisan anda sendiri, akan jauh lebih ber-impact mendatangkan pembaca.

Caranya; share-lah tulisan anda ke akun sosial media yang anda miliki, juga broadcast ke kontak-kontak anda di aplikasi kirim pesan seperti Whatsapp dan Telegram. Dengan cara ini, dalam waktu singkat tulisan anda akan dibaca ratusan pengunjung. Bisa jadi akan viral jika di-share juga oleh banyak pembaca anda.

Selamat mencoba….

Dan selalu ingat sebagai ‘WARGA SERUJI’ motto kita; “Karena #AkuSERUJI, Maka Aku Berkontribusi“.

Wassalam

Ferry Koto

Penggiat Perkoperasian dan Pendidikan, Dewan Pendidikan Surabaya, Direktur Center for National Strategic Studies (CNSS), Penggagas Gerakan Muslim Kuasai Media (GMKM)

Tulisan terbaru Ferry Koto (semua)

Tulisan ini sepenuhnya tanggungjawab penulisnya.
SERUJI tidak memiliki tanggungjawab apapun atas hal-hal yang dapat ditimbulkan tulisan ini, namun setiap orang bisa membuat aduan yang akan ditindaklanjuti sebaik mungkin.
SERUJI berhak untuk membatalkan penayangan hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan.
Untuk pengaduan email ke redaksi@seruji.co.id.

Komentar

BACA JUGA
kereta ringan

Pemerintah Sumsel Kaji Pendapatan di Luar Tarif LRT

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Pemerintah mengkaji kemungkinan meraih pendapatan di luar tarif jalur kereta api dalam kota Light Rail Transit, atau LRT untuk menutupi tingginya biaya...

Sidang Kasus First Travel Libatkan 96 Saksi

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, melanjutkan sidang terhadap tiga terdakwa kasus First Travel dengan agenda pembacaan nota keberatan terdakwa atau eksepsi dengan...

Agenda Sidang Perdana PK Ahok Terkait Pembacaan Memori

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) kasus penodaan agama dengan terpidana mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara,...
Suap

Suap APBD Jambi, Anggota DPRD Mulai Diperiksa

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tipikor untuk tiga terdakwa kasus suap APBD Provinsi Jambi 2018 senilai Rp3,4 miliar. Berdasarkan...

PBB: Badai Ancam Jutaan Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

NEW YORK, SERUJI.CO.ID - Musim badai yang akan tiba mengancam lebih dari 1,5 juta pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar di kamp pengungsi Bangladesh selain sebanyak...
loading...
KH. Luthfi Bashori

Ajari Anakmu Ilmu Agama

Sy. Abu Hurairah RA mengutarakan Rasulullah SAW bersabda, “Tidak seorang anak pun yang lahir melainkan dalam keadaan suci bersih. Kedua orangtuanyalah yang menyebabkan dia...
Light at the end of the tunnel

Garis 8: Hak Asasi Manusia di Hadapan Tuhan

Saat ini banyak manusia yang menuntut agar “berhak segalanya". Apapun yang dikehendaki tak boleh dilarang, dengan sekedar alasan “tokh, tidak ganggu orang lain”. Maka,...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...