Mau Piknik ke Bulan? Tunggu Tahun Depan

SpaceX siap angkut orang biasa ke anglasa luar

0
85

MIAMI – Elon Musk, pendiri raksasa bisnis teknologi SpaceX, berencana melakukan misi angkasa luar pribadi menggunakan roket mengangkut dua penumpang berwisata di sekitar bulan. “Saya pikir ini misi yang sangat menarik,” kata Musk dalam konferensi pers, dikutip Florida Today edisi Selasa (28/2).

Pengusaha kelahiran Afrika Selatan itu mengaku, SpaceX sudah didekati oleh ‘dua individu swasta’ yang saling mengenal namun tidak mau diidentifikasi. Mereka akan diluncurkan dengan wahana Dragon 2 dengan peluncur roket kendaraan berat Falcon pada 2018.

Musk menambahkan, dua turis angkasa luar itu telah membayar deposit yang cukup signifikan. “Ini memberikan kesempatan pada manusia untuk kembali ke luar angkasa pertama kalinya dalam 45 tahun setelah misi Apollo,” katanya.

Musk mengatakan misi akan memakan waktu sekitar satu minggu. Dragon mengitari Bulan ke luar angkasa dan kemudian kembali ke Bumi. Panjang perjalanan sekitar 600.000 kilometer. Pesawat ruang angkasa dipiloti oleh sistem otonom yang dikendalikan dari Bumi.

Musk menambahkan, jika ada sesuatu yang tidak beres maka dua penumpang mungkin harus campur tangan menggunakan kontrol pesawat ruang angkasa. Karena itu, keduanya harus menjalani program pelatihan kesehatan dan keselamatan.

Menurut BBC, Musk mengatakan dua turis antariksa ini mendaftar dengan mata terbuka, mengetahui kemungkinan risikonya. “Mereka tentu tidak naif. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk meminimalkan risiko itu. Tapi bukan nol risiko.”

EDITOR: Omar Ballaz

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU