Berbagai Macam Virus Penyebab Penyakit Radang Hati

Radang hati yang juga disebut hapatitis merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Peradangan hati sebagian besar disebabkan oleh virus sebagian kecil disebabkan oleh parasit, bakteri, obat-obatan termasuk obat tradisional dan konsumsi alkohol. Artikel ini khusus akan membahas peradangan hati yang disebabkan virus. Ada 5 macam virus penyebab hepatitis yaitu virus hepatitis A,B,C,D,E.

Virus Hepatitis A

Virus Hepatitis A penyebab penyakit hepatitis A, hepatitis tipe ini gejalanya akut berupa demam, diare, sakit kepala, sclera mata dan kulit kekuningan. Hepatitis A tidak bersifat kronis dan bisa sembuh sempurna. Penularannnya melalui makanan atau minuman yang tercemar feces penderita hepatitis A.

Virus Hepatistis B

Virus Hepatitis B penyebab penyakit hepatits B merupakan kasus terbanyak peradangan hati. Hepatitis B sudah ada vaksinasi untuk pencegahannya dan merupakan salah satu imunisasi wajib bagi bayi. Imunisasi hepatitis B gratis bagi bayi namun bayar sendiri bagi dewasa. Penyakit hepatitis B bisa menjadi kronik bahkan berlanjut menjadi shirosis hati, yaitu suatu kondisi dimana hati menjadi mengeras laksana batu. Gejalanya bisa muntah darah, BAB darah dll. Pengobatan apabila sudah terjadi shirosis hanyalah dengan cangkok hati.
Cara penularan penyakit ini melalui hubungan seksual dengan penderita hepatistis B, penggunaan jarum yang terkontaminasi darah penderita hepatitis B, proses persalinan dari ibu penderita hepatitis B terhadap anak yang dilahirkan. Selain sebab proses persalinan penularan dari ibu ke anak 5% disebabkan penularan pada saat kehamilan.

Virus Hepatitis C

Virus Hepatitis C penyebab penyakit hepatitis C. Meskipun jarang namun 80% penderitanya akan berlanjut menjadi kronis. Sama dengan hepatitis B apabila sudah kronis maka beresiko untuk terjadi shirois hati. Cara penularannya terutama melalui penggunaan jarum yang terkontaminasi darah penderita hepatitis C, maka berhati-hatilah apabila melakukan kegiatan dengan penggunaan jarum yang dilakukan bukan oleh tenaga medis misal tatto, tindik, bekam dll kecuali kalau penyedia jasa kegiatan tersebut hanya menggunakan jarum sekali pakai dan mereka juga mengetahui prinsip-prinsip sterilisasi alat dengan benar, sebab darah bisa juga mengkontaminasi alat lain selain jarum. Penularan bisa juga melalui hubungan seksual tetapi potensi penularannya sangat kecil.

Virus Hepatitis D

Virus ini jarang ditemukan namun virus ini paling berbahaya dibanding virus hepatitis yang lain. Penyakit hepatitis D hanya ditemui pada orang yang telah terinfeksi virus hepatitis B. Penularannya sama dengan hepatitis C. Tidak ada vaksin khusus untuk hepatitis D namun secara otomatis orang akan terlindungi bila sudah diberikan imunisasi hepatitis B . virus hepatitis D disebut juga virus delta

Virus Hepatitis E

Virus hepatitis E penyebab penyakit hepatitis E, gejalanya ringan dan tidak menimbulkan kronisitas. Cara penularannya seperti virus hepatitis A yaitu melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi feces penderita hepatitis E.

 

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER