Heboh Animasi GIF Lecehkan Habib Rizieq di Whatsapp, Ini Penjelasan Pakar Sosmed

1
8103
  • 145
    Shares

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pengguna aplikasi kirim pesan WhatsApp, sepanjang hari ini, Sabtu (4/11) digemparkan dengan munculnya sebuah gambar emoticon atau emoji dengan format GIF (gambar bergerak) yang memperlihatkan Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab dalam bentuk tidak senonoh yang melecehkan.

Akibat gambar tersebut muncul pesan berantai berisi seruan untuk memboikot WhatsApp yang dianggap telah dengan sengaja menyediakan gambar yang melecehkan seorang ulama Indonesia.

SERUJI mencoba menelusuri gambar dengan format GIF tersebut. Dimana caranya dengan mengklik tombol emoji yang berada dibagian kiri kolom pengisian pesan, kemudian pilih fitur GIF dan klik tombol search, serta masukkan kata kunci “Rizieq”.

Maka setelah diklik search, akan muncul gambar Habib Rizieq dalam gambaran yang tidak senonoh dan melecehkan.

Heboh GIF Habib Rizieq
Kumpulan Animasi GIF di aplikasi Whatsapp, salah satunya berisi gambar yang dibuat dengan sengaja untuk melecehkan Habib Rizieq.

Untuk memastikan apakah gambar tersebut memang dengan sengaja disediakan oleh WhatsApp atau ada pihak lain yang membuat, SERUJI menghubungi seorang Peneliti dan Pengamat Teknologi sosial media (sosmed) Firman Arifin.

“Sejak akhir tahun lalu, 2016, WhatsApp menambahkan fitur pengiriman animasi berformat GIF ke aplikasinya. Gambar animasi GIF muncul di WhatsApp minimum versi 2.17 yang bisa diunduh atau diupdate di Google Play Store,” terang Firman lewat pesan yang dikirim kepada SERUJI, Sabtu (4/11) malam.

Langganan berita lewat Telegram
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU