Putin: Serangan AS ke Suriah Ilegal, Merusak Hubungan AS-Rusia

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam serang Amerika Serikat ke Suriah yang dilakukan tadi pagi, Jumat (7/4), atau Kamis malam waktu setempat.

“Serangan rudal jelajah Amerika pada sebuah pangkalan udara Suriah melanggar hukum internasional dan telah merusak hubungan AS-Rusia secara serius,” kata Putin di Kremlin, Jumat (7/4), dikutip dari kantor berita Rusia, sebagaimana dilansir Reuters.

Putin, yang merupakan sekutu Presiden Suriah Bashar al-Assad, menyebut serangan militer Amerika tersebut adalah “agresi terhadap bangsa yang berdaulat”, dengan “alasan-alsan yang dibuat-buat”.

“Putin memandang serangan AS terhadap Suriah sebagai agresi terhadap negara berdaulat yang melanggar norma-norma hukum internasional dan dalih yang dibuat-buat up,” kata juru bicara Presiden Rusia,  Dmitry Peskov, hari ini Jumat (7/4).

“Langkah Washington akan menimbulkan kerusakan besar pada hubungan AS-Rusia.”

Rusia juga menyebut bahwa tindak Amerika tersebut adalah upaya untuk mengalihkan perhatian dunia atas apa yang dilakukan Amerika di Irak.

“Tidakan tersebut (serangan ke Suriah -red) adalah sebuah upaya sinis untuk mengalihkan perhatian dunia dari kematian warga sipil di Irak,” kata juru bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov, hari ini, Jumat (7/4).

Peskov juga menegaskan bahwa Rusia tidak mempercayai Suriah memiliki senjata kimia seperti yang dituduhkan Amerika.

Dikatakan juga langkah Amerika pasti akan menciptakan hambatan serius untuk menciptakan koalisi internasional untuk memerangi terorisme, sebagaimana ide yang terus didorong Presiden Putin.

“Saya takut bahwa dengan pendekatan ini koalisi anti-terorisme yang diharapkan (terbentuk) antara untuk AS dan Rusia di Suriah, akan bernapas yang terakhir sebelum ia lahir,” kata Peskov.

 

EDITOR: Harun S

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER