Amerika dan Korsel Sepakat Tangguhkan Latihan Militer Gabungan

0
12
Pertemuan bersejarah antara Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Donald Trump di Singapura (foto:toronto star)

SEOUL, SERUJI.CO.ID – Amerika Serikat dan Korea Selatan sepakat menangguhkan latihan militer untuk Agustus, demikian para pejabat Korsel dan AS, Senin (19/6), menyusul janji Presiden Donald Trump mengakhiri permainan perang setelah bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pekan lalu.

“Korsel dan AS telah setuju untuk menunda semua kegiatan perencanaan mengenai latihan militer Freedom Guardian yang dijadwalkan Agustus,” menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Korsel.

Pernyataan Pentagon mengonfirmasi penangguhan tersebut dan menambahkan bahwa akan ada pertemuan antara menteri pertahanan dan menteri luar negeri serta penasihat keamanan nasional Trump mengenai masalah tersebut di minggu ini.

“Kami masih mengoordinasikan tindakan tambahan. Tidak ada keputusan mengenai permainan perang berikutnya yang telah dibuat,” kata juru bicara Pentagon, Dana White.

Tahun lalu, 17.500 tentara Amerika dan lebih dari 50.000 pasukan Korsel berpartisipasi dalam latihan Ulchi Freedom Guardian, meskipun latihan ini kebanyakan difokuskan pada simulasi komputer ketimbang latihan lapangan langsung yang menggunakan senjata, tank atau pesawat terbang.

Kalender latihan AS-Korsel mencapai titik tertinggi setiap musim semi dengan pelatihan Foal Eagle dan Max Thunder, yang keduanya selesai pada bulan lalu.

Keputusan untuk menghentikan latihan militer di Korsel telah membingungkan banyak pejabat pertahanan AS saat ini dan mantan pejabat, yang hanya mempelajari tentang hal itu ketika Trump membuat pernyataannya.  (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...
hary tanoe, mnc, perindo

Gara-Gara Mobil Mewah Hary Tanoe, Massa Perindo dan PDIP Bersitegang di KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gara-gara mobil mewah yang dikendarai Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, massa Perindo bersitegang dengan massa PDI Perjuangan di depan gerbang kantor...
Fahri-hamzah2

Fahri Hamzah: Innalillahi, Mungkin Umur PKS Selesai Tahun Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini menaunginya dan mengantarnya ke Senayan, akan bubar...
Presiden apel Babinsa

Sama dengan TNI/Polri, Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan kenaikan tunjangan Kinerja bagi anggota TNI dan Polri pada bulan Juni lalu. Besarnya kenaikan mencapai 70 persen dari...