BOGOR – Ada banyak pilihan tempat air terjun atau curug di Kabupaten Bogor. Karena letak geografisnya ada di dataran tinggi, maka banyak sekali mata air di daerah ini.

Dari sekian banyak curug yang ada di Bogor, tidak ada salahnya Anda menyempatkan diri untuk berlibur ke Curug Nangka. Curug Nangka ini terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Air terjun ini berada di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 mdpl. Untuk menuju ke Curug Nangka, lokasi yang dapat Anda tuju adalah Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Untuk berwisata ke air terjun ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor) dan angkutan umum. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, rute yang paling mudah adalah dengan menuju arah Ciapus. Perjalanan sekitar 2,5 jam. Sedangkan untuk angkutan umum, Anda dapat menaiki angkot jurusan Ramayana (BTM) – Ciapus (No. 03) yang bisa Anda temukan di depan Bogor Trade Mall (BTM). Berhentilah di pertigaan sebelum gerbang lokasi. Dari pertigaan tersebut Anda harus berjalan kaki sekitar 1 KM.

Loading...

Di Curug Nangka ini sebenarnya ada 3 air terjun, Curug Nangka berada paling bawah, Curug Daun yaitu Curug yang paling kecil, dan Curug Kawung. Dari ketiga curug tersebut, memang Curug Nangkalah yang mempunyai arus air yang paling deras.

Ketiga Curug tersebut lokasinya berbeda-beda tetapi masih satu kawasan. Dari tempat parkir kendaraan, Anda harus melakukan treking santai untuk menuju salah satu curug tersebut. Untuk ke Curug Nangka, Anda perlu berjalan sekitar 500 m. Untuk ke Curug Daun dan Curug Kawung jalurnya menanjak dengan jaraknya masing – masing sekitar 600 m dan 700 m.

Selain untuk melihat air terjun, di Curug Nangka ini Anda juga bisa menikmati panorama alam yang asri, sejuk dan pepohonan yang rindang. Ada pula serombongan kera-kera yang sudah terbiasa berada di sana.

Untuk acara sekolah atau kelompok, ditempat ini juga tersedia lahan yang cukup luas untuk outbound, camping, dan acara kebersamaan lainnya.

PENULIS: Mira Saraswati
FOTO: Mira Saraswati
EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama