Jika Arizona punya Grand Canyon dengan tebing dan aliran sungainya yang hijau, mungkin Yogyakarta juga punya pemandangan yang sama. Keindahan itu bisa dinikmati dari lokasi wisata yang ada di daerah Gunung Kidul, yakni Sri Gethuk Waterfall atau Air Terjun Sri Gethuk. Tepatnya berada di  desa Bleberan, kecamatan Playen, air terjun Sri Gethuk seperti sebuah surga tersembunyi karena letaknya di dikelilingin bukit persawahan yang tak bisa langsung dilihat saat tiba di lokasinya. Sebaliknya, anda harus melewati berbagai jalan bahkan menyusuri sungai yang hujan untuk kemudian bisa menikmati gemericik air terjun yang segar.

Tempat wisata ini tentu saja bertemakan air dan tebing, namun Anda harus tahu, air di kawasan sangat melimpah karena terdapat tiga mata air yang berada di kedalaman tanahnya, yaitu sumber mata air Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul. Seluruh aliran airnya masuk melalui tebing tinggi dan mengalir ke dalam sungai Oya, konon Sungai Oya ini tidak pernah mengalami kekeringan maupun surut.

Sri Gethuk, yang biasa orang-orang menjuluki dengan sebutan mata air menawan ini mudah diakses untuk datang ke lokasinya, baik menggunakan sepeda motor, angkutan umum maupun mobil pribadi. Namun jika ingin berleluasa menikmati perjalanan, lebih baik membawa kendaraan pribadi saja.

Rute menuju Air Terjun Sri Gethuk jika dari kota Yogyakarta, Anda melaju ke arah jalan Wonosari, berjalan ke atas menuju Pathuk Gunung Kidul. Sampainya di Pathuk lurus saja sampai menemukan pertigaan Gading, lalu Anda mengambil arah ke kanan tujuannya Playen. Dari Playen ambilah arah ke kanan menuju kecamatan Palihan.

Sesampainya di Palihan, Anda akan mendapati pertigaan lalu ambil arah ke kanan. Dari sini Anda akan menjumpai papan petunjuk jalan untuk ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Ikutilah petunjuk jalan yang ada, sekitar tujuh kilometer, baru lah anda sampai di tempat lokasi air terjun.  Jika Anda masih kebingungan, manfaatkanlah teknologi smartphone Anda sebaik mungkin, dengan melihat lokasi Air Terjun Sri Gethuk yang sudah ada di aplikasi google maps.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk memang sangat apik dipandang, hijaunya pepohonan di sekitar lokasi, dercik air begitu deras membuat suasana begitu dinikmati pengunjung merasakan khas suara  alam. Jangan khawatir, untuk masuk ke lokasi wisata ini, Anda hanya merogoh dompet kisaran Rp. 7000,- per orangnya. Namun, pada musim liburan dan lebaran, biasanya tarif menjadi 10 ribu rupiah.

Letak Air Terjun Sri Gethuk ini diapit oleh tebing menjulang tinggi yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Hijau pemandangan luasnya persawahan yang mengelilingi Sri Gethuk dan juga sungai Oya menambah keasrian alamnya khas pedesaan yang sejuk. Karena dikeliling tebing itulah, untuk menuju area tepat air terjun,bisa dilakukan dengan dua cara.

Anda bisa melewati jalan setapak sambil menikmati pemandangan sawah dan pepohonan sepanjang 450 meter atau melalui cara kedua yakni dengan naik perahu rakit sederhana dengan membayar 10 ribu rupiah per orang. Namun, jika anda ingin lebih menikmati petualangan, saya sarankan anda mengambil jalan setapak sambil menikmati sejuknya pepohonan dan sawah serta menikmati kuliner berupa jajanan yang banyak dijual disana.

Setelah sampai di area air terjun, mata anda akan dimanjakan dengan tumpahan tiga mata air terjun yang megah. Air yang tumpah menuju sungai yang hijau tentu tak hanya bisa dinikmati dengan berfoto-foto saja. Anda pun bisa berenang sambil menikmati segarnya air sungai. Pengunjung dapat menyewa ban atau pelampung dengan harga yang sangat murah, kisaran Rp.2000,- per orangnya pengunjung dapat menikmati kesegaran air di tempat wisata ini tanpa takut akan tenggelam. (ami)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama