JOGJA  – Mendaki gunung tidak selalu harus bermodal besar dengan perlengkapan yang banyak dan trekking berjam-jam.

Adalah Gunung Api Purba atau yang lebih sering disebut Gunung Nglanggeran yang dapat Anda tempuh sekitar 1 jam untuk sampai ke puncaknya. Waktu yang relatif singkat dengan pemandangan indah, pengalaman mendaki yang seru dan udara yang segar sebagai konsekuensinya.

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Gunung ini merupakan suatu gunung api purba yang terbentuk sekitar 0,6-70 juta tahun yang lalu atau yang memiliki umur tersier (Oligo-Miosen). Gunung Nglanggeran memiliki batuan yang sangat khas karena didominasi oleh aglomerat dan breksi gunung api. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Baturagung.

Loading...

Untuk sampai ke gunung Nglanggeran, Anda harus menempuh jarak sekitar 25 Km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Jogja.

Karakteristik gunung ini adalah banyaknya batu – batu besar dan tebing – tebing yang tinggi. Gunung api ini merupakan gunung berapi aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut.

Untuk sampai ke puncak, Anda akan melewati jalanan tanah, tebing yang dibuatkan tangga – tangga kayu sebagai alat bantu untuk naik atau dengan tali – tali, serta lorong bebatuan yang sempit.

Di gunung ini tersedia juga lokasi untuk berkemah dan toilet, sehingga tidak perlu khawatir untuk yang sudah datang jauh-jauh ke Jogja untuk menikmati udara pagi di tempat ini.

CJ: Mira Saraswati
FOTO: Mira Saraswati
EDITOR: Iwan Y

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama