Danau Lawutung
Lokasi danau Lawutung di Kabupaten Sumba Timur, NTT. (foto:Habibudin/SERUJI)

SUMBA, SERUJI.CO.ID – Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada di pinggiran pantai dengan panoramanya yang eksotis namun masih menyimpan mistis.

Danau Lawutung dari bibir pantai sekitar 150 meter, berada diatas ketinggian pantai Kadahang. Jika  dilihat dari atas ketinggian tampak pemandangan danau dan pantai menampilkan keindahan yang memanjakan mata.

Menurut tokoh adat desa Kadahang, Melkianus Umbu ketika ditemui di kediamannya, Ahad (19/11), mengungkapkan danau Lawutung belum banyak dikenal orang maupun wisatawan karena danau ini masih sangat alami dan tertutup oleh rerimbunan pohon-pohon besar.

“Danau ini belum banyak orang tau, apalagi wisatawan karena danau ini tertutup oleh pohon-pohon besar, jadi tidak liat danaunya, dan jarang orang datang kesini kecuali orang desa Siniyang datang ambil kayu api,” katanya.

Danau Lawutung
Lokasi danau Lawutung di Kabupaten Sumba Timur, NTT. (foto:Habibudin/SERUJI)

Ia menambahkan, danau Lawutung mulanya tempat bersemayam orang adat Sumba yang berada disini seperti orang Marapu di Sumba, karena tempat ini masih sangat mistis jika ada orang yang matanya terang, ia bisa melihat danau itu berubah menjadi sebuah kampung.

Senada dengan tokoh masyarakat desa Kadahang, Liwar Harumbai menuturkan, keindahan danau Lawutung masih tersimpan misteri karna di lokasi danau masih tertutup dengan rimbunan pohon dan jarang orang datang disini.

“Tempat ini masih mistis karna tempat ini masih digunakan untuk upacara adat dan sembahyang orang Sumba Marapu, jadi mereka masih percaya dengan mistis, menurut orang desa yang datang disini, kadang-kadang danau itu bisa berubah,” terangnya.

Lanjut dia, lokasi ini jika pemerintah daerah hendak membuat tempat wisata sangat bagus karena lokasi danau sangat indah dengan eksotis pemandangan laut dan danaunya. (Habibudin/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...
loading...