close

Wah, Ternyata Begini Asal Muasal Nasi Goreng

Ternyata nasi goreng adalah menu yang cukup tua. Bahkan menu ini sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi.

SERUJI.CO.ID – Perut dan lidah masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan citra rasa dari nasi goreng. Tak hanya di warung sedeerhana, bahkan di restoran bintang lima pun juga terdapat menu nasi goreng.

Bahkan menu ini digadang-gadang sebagai salah satu menu nusantara pemersatu bangsa. Pilihan toppingnya pun semakin beragam. Harganya relatif, jika anda membeli di pinggir jalan anda bisa mendapat harga murah. Sebaliknya saat berada di restoran harganya pun berubah menjadi selangit.

Tahukah anda sejarah keberadaan nasi goreng hingga sangat lekat dengan masyarakat Indonesia?

 

Ternyata nasi goreng adalah masakan dari negeri Cina. Resepnya dibawa oleh para saudagar CIna yang datang ke Indonesia. Bahkan keberadaaan menu ini sudah ada sejak 4.000 tahun Sebelum Masehi (SM).

Wah, lama juga ya. Jauh sebelum generasi milenial hadir di muka bumi. Awal mula lahir menu nasi goreng ini, karena kebiasaan masyarakat Cina yang sayang membuang nasi sisa.

Agar tidak mubazir, untuk mengakalinya, mereka menggoreng kembali nasi sisa dengan tambahan bumbu-bumbu khusus. Agar semakin ramai, biasanya mereka memasukkan isian seperti sayur dan aneka daging.

Pada abad ke-10, saudagar dari Tionghoa masuk ke Indonesia. Kemudian mereka membuat nasi goreng ini. Di setiap tempat yang mereka singgahi pun, rasanya tidaklah sama. Hal ini karena mereka menyesuaikan dengan ketersediaan bumbu yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, nasi goreng seafood lebih banyak ditemukan di dekat pantai, ketimbang di daerah pegunungan. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI