close

Wah, Ternyata Begini Asal Muasal Nasi Goreng

Ternyata nasi goreng adalah menu yang cukup tua. Bahkan menu ini sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi.

SERUJI.CO.ID – Perut dan lidah masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan citra rasa dari nasi goreng. Tak hanya di warung sedeerhana, bahkan di restoran bintang lima pun juga terdapat menu nasi goreng.

Bahkan menu ini digadang-gadang sebagai salah satu menu nusantara pemersatu bangsa. Pilihan toppingnya pun semakin beragam. Harganya relatif, jika anda membeli di pinggir jalan anda bisa mendapat harga murah. Sebaliknya saat berada di restoran harganya pun berubah menjadi selangit.

Tahukah anda sejarah keberadaan nasi goreng hingga sangat lekat dengan masyarakat Indonesia?

 

Ternyata nasi goreng adalah masakan dari negeri Cina. Resepnya dibawa oleh para saudagar CIna yang datang ke Indonesia. Bahkan keberadaaan menu ini sudah ada sejak 4.000 tahun Sebelum Masehi (SM).

Wah, lama juga ya. Jauh sebelum generasi milenial hadir di muka bumi. Awal mula lahir menu nasi goreng ini, karena kebiasaan masyarakat Cina yang sayang membuang nasi sisa.

Agar tidak mubazir, untuk mengakalinya, mereka menggoreng kembali nasi sisa dengan tambahan bumbu-bumbu khusus. Agar semakin ramai, biasanya mereka memasukkan isian seperti sayur dan aneka daging.

Pada abad ke-10, saudagar dari Tionghoa masuk ke Indonesia. Kemudian mereka membuat nasi goreng ini. Di setiap tempat yang mereka singgahi pun, rasanya tidaklah sama. Hal ini karena mereka menyesuaikan dengan ketersediaan bumbu yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, nasi goreng seafood lebih banyak ditemukan di dekat pantai, ketimbang di daerah pegunungan. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?