close

Mengenal Gudeg, Makanan Turun Temurun Sejak Kejayaan Mataram Islam

Rasanya yang manis membuat wisatawan belum merasa ke Jogja jika belum mencicipi gudeg.

SERUJI.CO.ID – Ingat Jogja pasti ingat Gudeg. Saat berwisata ke Jogja, Gudeg adalah kuliner wajib yang tak boleh terlewat.

Gudeg adalah makanan tradisional dengan nangka muda sebagai bahan utamanya. Dalam proses pembuatannya, nangka muda akan direbus selama beberapa jam bersamaan dengan gula kelapa dan santan.

Dengan adanya bumbu tambahan, gudeg memiliki citra rasa yang dominan manis dan sedikit rasa gurih.

 

Gudeg biasa disajikan bersama nasi putih hangat, ayam kampung, telur rebus yang sudah dibacem, tahu atau tempe, dan juga sambel goreng krecek (kulit sapi yang direbus).

Sejarah gudeg di Jogja sebenarnya dimulai dengan dibangunnya kerajaan Mataram Islam di alas Mentaok, yang berada di kawasan Kotagede, sekitar tahun 1500-an. Namun makanan ini bukan makanan yang diolah pihak kerajaan, melainkan berasal dari masyarakat.

Ini dikarenakan saat itu tumbuhan nangka banyak ditemukan sehingga rakyat Mataram saat itu, mengolah nangka muda menjadi olahan lezat. Karena proses memasaknya cukup lama, memasuki abad ke-19 belum banyak orang yang jualan gudeg.

Masakan ini baru populer tatkala Presiden Soekarno mendirikan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1940-an. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?