Jika anda penggemar sarung, maka jangan hanya suka memakainya. Tapi, cara merawatnya pun, anda juga perlu tahu. Sebab, jika salah salam merawat, maka sarung-sarung anda akan cepat rusak dan warnanya memudar. Berikut cara merawat sarung agar selalu awet dan cemerlang.

  1. Ketika kondisi sarung masih baru, maka alangkah baiknya Anda mencucinya terlebih dahulu. Agar bahan-bahan kimia yang tersisa dari hasil proses produksi ataupun tenun hilang.
  2. Kain sarung ada yang luntur dan ada pula yang tidak luntur ketika di cuci. Jadi, untuk menghindari warna kain sarung Anda mengotori pakaian Anda yang lain pisahkanlah antara sarung dengan pakaian pada saat mencucinya.
  3. Warna kain sarung yang bagus kadang menjadi memudar ketika kita salah dalam merawatnya. Karena itu, ketika mencuci, jemurlah kain sarung di tempat yang teduh atau tidak terkena panas matahari langsung. Karena terik matahari dapat memudarkan corak dan warna dari kain sarung Anda. Terlebih jika kain sarung anda terubuat dari bahan tenunan songket atau kain batik yang halus.
  4. Saat menyetrika kain sarung, usahakan agar panas setrika dalam keadaan sedang. Agar tidak meninggalkan bekas pada sarung dan membuat sarung anda tampak rapi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama