Kebiasaan-Kebiasaan Ini Membuat Pria Tidak Subur, Segera Hindari!

Ternyata kebiasaan sepele ini picu ketidak-suburan pada pria.

SERUJI.CO.ID – Pada dasarnya, sperma yang berkualitas memiliki tiga faktor utama yaitu jumlahnya, bentuk dan gerakannya. Apabila salah satu saja performanya kurang, pembuahan pun semakin sulit terjadi.

Performa sperma bisa menurun apabila pria masih melakukan hal-hal berikut:

1
Celana Ketat

Celana dalam yang terlalu ketat, dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma. Celana dalam yang sempit, membuat skrotum menjadi tertekan. Akibatnya jumlah sirkulasi udara pun berkurang dan dapat menyebabkan suhu testis berada di atas suhu normal.

Tak hanya itu, peneliti juga tidak menyarankan pemakaian celana untuk bersepeda dan skinny jeans, karena bisa menimbulkan efek yang sama.

Batasi juga penggunaan celana ketat. Saat berada di rumah, disarankan hanya menggunakan celana boxer, karena boxer terbukti tidak memberi pengaruh dalam penurunan jumlah sperma.

2
Jarang Olahraga

Pria dengan indeks masa tubuh (BMI) 30 atau lebih memiliki volume air mani lebih rendah. Tak hanya itu jumlah dan motilitas sperma juga jadi ikut rendah. Pria dengan BMI 30 atau lebih, juga lebih beresiko terkena cacat sperma, ketimbang pria dengan berat badan normal dan ideal.

Penelitian dalam jurnal Internasional yang membahas tentang andrology menyebutkan, kelebihan berat badan atau obesitas dapat mengganggu kadar hormon dan berpengaruh pada masalah kesuburan karena menurunnya kadar testeron dan esterogen.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan suhu testis karena timbunan lemak, dan berakibat pada turunnya kualitas sperma. Olahraga teratur, pola makan terjaga dan istirahat cukup dapat memperbaiki keadaan.

Baca juga: Ternyata Buah Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

Alih-alih olahraga berat dengan intensitas tinggi, ada baiknya melakukan olahraga ringan saja yang fokus pada penurunan berat badan, seperti lari atau jalan kaki. Olahraga berlebihan, juga memicu turunnya kadar testeron.

3
Mandi Air Panas

Rasa lelah selepas bekerja akan luntur ketika tubuh tersiram air hangat. Namun hal ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Suhu panas dari air bisa meningkatkan suhu testis, dan berpengaruh pada produksi sperma.

Meski tidak berlangsung lama, namun jika tidak diperhatikan dan masih terus dilakukan dapat memberi efek jangka panjang.

4
Stress

Tak hanya pada wanita, stress juga memicu ketidak-suburan pada pria. Saat stress tubuh pria akan mengeluarkan hormon yang menghambat produksi testeron. Lama kelamaan, kuantitas dan kualitas sperma menjadi berkurang.

Stress juga bisa mengganggu hasrat seksual terhadap pasangan. Jika anda terlalu banyak pikiran, olahraga adalah solusinya. Selain itu, kualitas tidur pria juga tetap harus terjaga. Usahakan minimal tidur selama 7-8 jam di waktu malam, untuk kesehatan reproduksi. (Nia)

Baca juga: Coba Olahraga Ringan Ini! Dijamin Akan Membuat Awet Muda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.