close

Kebiasaan-Kebiasaan Ini Membuat Pria Tidak Subur, Segera Hindari!

Ternyata kebiasaan sepele ini picu ketidak-suburan pada pria.

SERUJI.CO.ID – Pada dasarnya, sperma yang berkualitas memiliki tiga faktor utama yaitu jumlahnya, bentuk dan gerakannya. Apabila salah satu saja performanya kurang, pembuahan pun semakin sulit terjadi.

Performa sperma bisa menurun apabila pria masih melakukan hal-hal berikut:

1
Celana Ketat

Celana dalam yang terlalu ketat, dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma. Celana dalam yang sempit, membuat skrotum menjadi tertekan. Akibatnya jumlah sirkulasi udara pun berkurang dan dapat menyebabkan suhu testis berada di atas suhu normal.

Tak hanya itu, peneliti juga tidak menyarankan pemakaian celana untuk bersepeda dan skinny jeans, karena bisa menimbulkan efek yang sama.

Batasi juga penggunaan celana ketat. Saat berada di rumah, disarankan hanya menggunakan celana boxer, karena boxer terbukti tidak memberi pengaruh dalam penurunan jumlah sperma.

2
Jarang Olahraga

Pria dengan indeks masa tubuh (BMI) 30 atau lebih memiliki volume air mani lebih rendah. Tak hanya itu jumlah dan motilitas sperma juga jadi ikut rendah. Pria dengan BMI 30 atau lebih, juga lebih beresiko terkena cacat sperma, ketimbang pria dengan berat badan normal dan ideal.

Penelitian dalam jurnal Internasional yang membahas tentang andrology menyebutkan, kelebihan berat badan atau obesitas dapat mengganggu kadar hormon dan berpengaruh pada masalah kesuburan karena menurunnya kadar testeron dan esterogen.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan suhu testis karena timbunan lemak, dan berakibat pada turunnya kualitas sperma. Olahraga teratur, pola makan terjaga dan istirahat cukup dapat memperbaiki keadaan.

Baca juga: Ternyata Buah Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

Alih-alih olahraga berat dengan intensitas tinggi, ada baiknya melakukan olahraga ringan saja yang fokus pada penurunan berat badan, seperti lari atau jalan kaki. Olahraga berlebihan, juga memicu turunnya kadar testeron.

3
Mandi Air Panas

Rasa lelah selepas bekerja akan luntur ketika tubuh tersiram air hangat. Namun hal ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Suhu panas dari air bisa meningkatkan suhu testis, dan berpengaruh pada produksi sperma.

Meski tidak berlangsung lama, namun jika tidak diperhatikan dan masih terus dilakukan dapat memberi efek jangka panjang.

4
Stress

Tak hanya pada wanita, stress juga memicu ketidak-suburan pada pria. Saat stress tubuh pria akan mengeluarkan hormon yang menghambat produksi testeron. Lama kelamaan, kuantitas dan kualitas sperma menjadi berkurang.

Stress juga bisa mengganggu hasrat seksual terhadap pasangan. Jika anda terlalu banyak pikiran, olahraga adalah solusinya. Selain itu, kualitas tidur pria juga tetap harus terjaga. Usahakan minimal tidur selama 7-8 jam di waktu malam, untuk kesehatan reproduksi. (Nia)

Baca juga: Coba Olahraga Ringan Ini! Dijamin Akan Membuat Awet Muda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar