DPN Peradi Serukan Myanmar Stop Kekerasan

JAKARTA – Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), menyampaikan kepnihatinan yang mendaIam atas konflik dan peristiwa kemanusiaan yang menimpa etnis Muslim Rohingya di Myanmar. ‎Kekerasan di wilayah tersebut, sudah selayaknya diakhiri.

“‎Pemerintah Myanmar agar menghentikan dan mencegah kekerasan, memberikan perlindungan kepada semua warga termasuk Muslim di Myamnar dan memberikan akses bantuan kemanusiaan,” ujar Ketua Bidang HAM DPN Peradi, Haris Azhar, di kantor DPN Peradi, Jakarta, Selasa (5/9).

Menurut Haris‎, krisis kemanusiaan ini telah berlangsung sejak lama. Di level internasional Sekretaris Jenderal PBB telah menyampaikan sikap dan memberikan masukan pentingnya mencari pendekatan holistik untuk mengatasi akar penyebab kekerasan yang kompleks.

‎Ditambahkan Haris, Pemerintah Indonesia seharusnya bisa memaksimalkan peranannya di ASEAN dengan melahirkan kebijakan atau resolusi untuk penguatan demokrasi di Myanmar. Upaya ini diyakini dapat mengakhiri konflik, dan mencegah berulangnya kembali kekerasan oleh pasukan keamanan Myanmar.

“Kami juga minta  Pemerintah Myanmar untuk membuka akses TPF yang sudah dibentuk Dewan HAM PBB guna melakukan penyelidikan secara objektif dan independen,” katanya.

Selain itu, DPN Peradi juga berharap Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengupdate upaya dan kondisi aktual di wilayah konflik Rakhine, Myamnar melalui berbagai media resmi sebagai bentuk informasi public.

“Sehingga bisa dipenanggungiawabkan kebenarannya dan  tidak berpotensi memperkeruh suasana maupun ‎menghambat upaya dialog yang sedang dibangun serta menghindari adanya upaya politisasi issue SARA di dalam negeri,” kata dia. (Achmad F/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Olahraga Bagi Penyandang Stroke

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID -...

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Segarkan Wajah dengan A I U E O