62 Persen Utang Indonesia Adalah Utang Pada “Rakyat”

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa asal muasal utang Indonesia sebagian besar, yakni 62 persen, berasal dari utang dalam negeri berupa penerbitan surat utang negara yang dibeli masyarakat domestik secara individual maupun instansi.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam Rapat Dengar Pendapat (RPD) Komisi XI DPR RI dalam rangka menjelaskan pengelolaan utang selama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Sisanya, Lanjut Sri Mulyani, utang berupa valas sebesar 22,2 persen dan pinjaman ke negara lain baik bilateral maupun multilateral sebanyak 19,3 persen.

“Kita akan tetap menjaga rasio pinjaman terhadap GDP di bawah threshold dalam hal ini 30 persen, walaupun Undang-Undang Keuangan Negara 60 persen,” jelasnya.

Sri Mulyani menambahkan, terkait dengan kemampuan membayar utang-utang tersebut, ia menyampaikan, tambahan dan pembayaran utang jauh lebih kecil daripada biaya utang baru yang diterbitkan. Karena itu, kalau dilihat pembayaran pokok utang dibandingkan dengan kapasitas membayar yang berasal dari perpajakan, pemerintah meyakini masih cukup bagus.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.