62 Persen Utang Indonesia Adalah Utang Pada “Rakyat”


JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa asal muasal utang Indonesia sebagian besar, yakni 62 persen, berasal dari utang dalam negeri berupa penerbitan surat utang negara yang dibeli masyarakat domestik secara individual maupun instansi.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam Rapat Dengar Pendapat (RPD) Komisi XI DPR RI dalam rangka menjelaskan pengelolaan utang selama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Sisanya, Lanjut Sri Mulyani, utang berupa valas sebesar 22,2 persen dan pinjaman ke negara lain baik bilateral maupun multilateral sebanyak 19,3 persen.

“Kita akan tetap menjaga rasio pinjaman terhadap GDP di bawah threshold dalam hal ini 30 persen, walaupun Undang-Undang Keuangan Negara 60 persen,” jelasnya.

Sri Mulyani menambahkan, terkait dengan kemampuan membayar utang-utang tersebut, ia menyampaikan, tambahan dan pembayaran utang jauh lebih kecil daripada biaya utang baru yang diterbitkan. Karena itu, kalau dilihat pembayaran pokok utang dibandingkan dengan kapasitas membayar yang berasal dari perpajakan, pemerintah meyakini masih cukup bagus.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close