Walikota Padang Tidak Anjurkan Warga Melakukan Tradisi Mandi “Balimau”

2
168
Tradisi Balimau di Minangkabau. (foto: istimewa)

PADANG – Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa ia tidak menganjurkan warganya untuk melakukan tradisi mandi suci di sungai, kolam atau laut sebelum bulan Ramadhan atau yang dikenal dengan “Balimau”.

“Masyarakat harus memahami arti “Balimau” baik secara agama dan budaya agar tidak keliru,” ujar Mahyeldi usai meluncurkan kegiatan pesantren Ramadhan 1438 Hijriyah di Padang, Rabu (24/5).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menyebutkan meski ada dalam tradisi dan agama, “Balimau” diartikan membersihkan jiwa dan fisik sebelum melaksanakan puasa.

“Artinya sesama saling meminta dan memaafkan, kemudian meningkatkan silaturahmi dan secara sunah membersihkan tubuh jelang puasa,” jelasnya.

Menurut Mahyeldi masyarakat khususnya generasi muda saat ini, menyalahi maksud dari tradisi “Balimau” tersebut dengan melakukan ritual mandi di sungai, kali atau pantai secara bersama-sama.

Mahyeldi menjelaskan kegiatan tersebut menyalahi secara agama, karena tidak diperkenankan bukan muhrim mandi bersama di tempat yang sama. “Dan secara budaya juga sudah melanggar etika,” katanya.

Kerugian lain, lanjutnya bukan menciptakan suasana tenang dan damai jelang Ramadhan namun jadi ricuh karena kadang ada korban dan kemacetan.

“Kami anjurkan warga untuk ‘Balimau’ di rumah masing-masing,” katanya.

Mahyeldi juga mengungkapkan bahwa untuk mengantisipasi minat warga melaksanakan “Balimau” masih besar, pihaknya telah berkoordinasi dengan keamanan untuk pengawasan.

“Bila ‘Balimau’ itu masih ada kami berharap berjalan lancar, namun kami tetap tidak menganjurkan warga melaksanakannya,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu warga di sekitar Jembatan Gunung Nago Pauh, Delis mengatakan pengawasan “Balimau” harus lebih ketat.

Sebab, tambahnya ada saja oknum yang merugikan pendatang untuk mandi. Menurutnya meski telah dilarang agama, hal tersebut sudah jadi kebiasaan masyarakat dan sulit dihentikan.

Sementara itu Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat, akan mengerahkan 835 personel untuk mengamankan tradisi “Balimau” tersebut.

“Sebanyak 47 lokasi yang biasanya dijadikan lokasi ‘balimau’. Kami akan melakukan pengamanan terpadu di lokasi-lokasi tersebut,” ujar Chairul di Padang, Selasa (23/5).

Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian. Tradisi ini telah berlangsung sejak berabad lalu dalam rangka membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan. (Hrn)

 

Komentar

BACA JUGA
Bendera PBB

Dewan Keamanan PBB Sahkan Resolusi Gencatan Senjata di Suriah

NEW YORK, SERUJI.CO.ID - Dewan Keamanan PBB pada Sabtu (23/2) akhirnya mengesahkan sebuah resolusi, yang mendesak agar gencatan senjata diterapkan selama setidaknya 30 hari...
garam

Tingkatkan Kualitas, Pemkab Kembangkan 75 Hektar Lahan Garam Terintegerasi

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, mengembangkan 75 hektar lahan garam terintegrasi di dua kecamatan yaitu Labakkang dan Bungoro. "Tahun ini kami...

Legislator: Generasi Muda Lebih Suka Baca Status Daripada Buku

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mujib Rohmat prihatin dengan generasi muda yang lebih senang membaca status di media...
akun ustadz Somad disuspend

Akun Ustadz Somad Raib, Ini Protes Kang Emil ke Instagram

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jagad dunia maya dihebohkan dengan tiba-tiba lenyapnya akun instagram ulama terkemuka, ustadz Abdul Somad sejak hari ini, Ahad (25/2). Akun ustadz...

Drainase Buruk Sebabkan Jalan Protokol di Cianjur Banjir

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Sejumlah pengguna jalan menduga buruknya pembangunan drainase di sepanjang jalan protokol di Cianjur, Jawa Barat, sebagai penyebab banjir terutama ketika hujan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...