Petani Raup Jutaan Rupiah Perbulan Melalui PKUR

BLITAR, SERUJI.CO.ID – Pengurus Pusat dan Kantor Wilayah Malang dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) Kantor Wilayah Malang, pada Sabtu (14/4), mengadakan monitoring ke beberapa Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), di daerah Blitar. Diantaranya adalah PKUR budidaya ulat hongkong, PKUR budidaya cabai besar, dan PKUR budidaya Kucai. Adapun total dana zakat yang diberikan dalam bentuk modal usaha untuk tiga program PKUR tersebut sebesar Rp 256.396.000,-.

Perolehan pendapatan dalam sebulan untuk budidaya ulat hongkong rata-rata mencapai Rp. 1,5-2,2 juta. Lain halnya dengan budidaya cabai besar, persentase keberhasilannya sekitar 40% dalam satu siklus.

Rata-rata pendapatan mencapai budidaya cabai besar Rp. 4-5 juta. Sedangkan untuk budidaya kucai masih dalam tahap panen perdana, sifat tanaman tersebut semakin lama jumlah tanaman semakin berkembang, dan rata-rata panen perminggu mencapai Rp. 200-250 ribu.

Turut hadir dalam monitoring tersebut, Edy Utomo selaku Wakil Ketua YBM-BRI Pusat, Sepyan Uhyandi selaku Sekretaris Jenderal YBM-BRI Pusat, Djoko Purwanto selaku Bendahara Umum YBM-BRI Pusat, Darmawan Bambang selaku Seksi Pendayagunaan Ekonomi YBM-BRI Kanwil Malang, Muhammad Salman selaku Manager Ekonomi Kantor Pusat, M. Ainun Najib selaku Pelaksana Harian YBM-BRI Kanwil Malang, dan peserta dari masing-masing program PKUR.

BACA JUGA:  Khofifah Terima Pin Kehormatan dari Kapolri

Para anggota dan mentor usaha termotivasi dengan adanya monitoring tersebut. Bersamaan dengan itu, pengurus YBM-BRI sangat antusias dan banyak memberikan pandangan, serta solusi yang efektif kepada para anggota dan mentor usaha. Harapan para pengurus bantuan modal usaha yang diberikan dapat didayagunakan semaksimal mungkin dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengembangkan usaha.

“Terima kasih YBM-BRI, dengan adanya monitoring tersebut, kami dapat mengetahui perkembangan usaha, kendala apa saja yang dialami secara langsung. Baik itu yang gagal maupun sukses,” ucap salah satu peserta penerima manfaat program PKUR. (ARif R/Hrn)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi