Longsor Susulan Terjadi Saat Evakuasi di Ponorogo Hari Ini

PONOROGO – Insiden longsor susulan dengan skala kecil terjadi saat proses evakuasi berjalan di Desa Banaran, Kabupaten Ponorogo, sekitar pukul 13.15 WIB, Rabu.

“Lari, lari, longsor, longsor,” ucap warga bersahutan sembari lari menyelematkan diri, dikutip dari Antara.

Mendengar teriakan dan melihat banyak orang berhamburan turun ke permukiman, warga yang berada di sekitar lokasi ikut menyelamatkan diri, termasuk petugas keamanan. Tak sedikit dari mereka terjatuh dan terperosok lumpur, bahkan beberapa di antaranya menggendong anaknya untuk menjauhi lokasi dengan keadaan tergopoh-gopoh.

“Kami masih trauma dengan kejadian ini sehingga ada tanah bergerak sedikit sangat takut,” ucap Paiman, warga setempat.

Di tempat sama, salah seorang warga lainnya, Maryuda menceritakan longsor susulan terjadi secara tiba-tiba dan sempat bergerak turun beberapa meter. Meski hanya beberapa detik, namun karena tidak ingin terjadi apa-apa, warga yang melihat dan petugas berupaya menyelematkan diri meski harus melompat serta berlari di jalanan berbukit.

“Saya melihat tanahnya bergerak dan takut seperti kejadian Sabtu lalu. Makanya kami lari dan belum mau lagi ke sana,” katanya sembari sesekali menarik nafas dalam-dalam untuk menenangkan diri.

Longsor susulan berada tidak jauh dari sektor A pencarian, namun pergerakan tanah tidak sampai jauh dan terhenti beberapa meter dan tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Setelah peristiwa itu, kegiatan evakuasi menggunakan eskavator dihentikan sementara, khususnya di baik B dan C, sedangkan cuaca terpantau cerah dan sesekali mendung:

Pantauan di lokasi evakuasi, Tim SAR Gabungan terus berupaya mencari korban jiwa, termasuk puluhan anggota Kostrad TNI yang dikerahkan dengan membawa peralatan pencarian.

Sampai berita ini ditulis, belum ada tambahan jenazah yang ditemukan di hari kelima sehingga total korban masih tiga orang, masing-masing atas nama Katemi (70), Iwan (27) dan Sunadi (47).

Berikut data korban longsor Ponoroga hingga sore ini, Rabu 5 April 2017;

Belum ditemukan.
1. Litkusnin, Laki-laki, 60 tahun.
2. Bibit, Perempuan. 55 tahun.
3. Fitasari, Perempuan, 28 tahun.
4. Arda, Laki-laki, 5 tahun.
5. Janti, Perempuan, 50 tahun.
6. Mujirah, Perempuan, 50 tahun.
7. Purnomo, Laki-laki, 26 tahun.
8. Suyati, Perempuan, 40, tahun.
9. Poniran, Lak-laki, 45 tahun.
10. Prapti, Perempuan, 35 tahun.
11. Cikrak, Perempuan, 60 tahun.
12. Misri, Perempuan, 27 tahun.
13. Anaknya Misri, Perempuan, 3 tahun.
14. Situn, Perempuan, 45 tahun.
15. Tolu, Lak-laki, 47 tahun.
16. Katemun, Lak-laki, 55 tahun.
17. Pujianto, Lak-laki, 47 tahun.
18. Siyam , Perempuan, 40 tahun.
19. Nuryono, Lak-laki, 17 tahun.
20. Menik, Lak-laki, 45 tahun.
21. Kateno, Lak-laki, 55 tahun.
22. Muklas, Lak-laki, 48 tahun.
23. Jadi, Lak-laki, 40 tahun.
24. Suyono, Lak-laki, 35 tahun.
25. Suroso, Lak-laki, 35 tahun.

Korban yang ditemukan meninggal dunia.
1. Iwan Danang Suwandi, Lak-laki, 30 tahun.
2. Katemi, Perempuan, 70 tahun.
3. Sunadi, Lak-laki, 47 tahun.

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER