Akses Jalan Wisata Puncak B-29 Tertimbun Longsor

LUMAJANG, SERUJI.CO.ID – Akses jalan menuju objek wisata Puncak B-29 di Desa Argosari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat karena tertimbun tanah longsor.

“Hujan deras yang terjadi selama dua hari yakni pada Selasa (13/3) hingga Rabu (14/3) menyebabkan tebing di Dusun Krajan, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, longsor pada Kamis (15/3) sore,” kata Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang M. Wawan Hadi di Lumajang, Jumat (16/3).

Tebing longsor tersebut berada di jalan desa sebelum portal pintu masuk objek wisata Puncak B-29 sehingga akses jalan menuju kawasan wisata negeri diatas awan tersebut tertutup total karena tertimbun longsor.

“Areal perkebunan sayur di sisi jalan menuju Puncak B-29 yang berjarak sekitar 850 meter tiba-tiba longsor menutup total akses jalan paving menuju objek wisata B-29, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan,” tuturnya.

Menurutnya tebing yang longsor tersebut berakibat terjadi longsoran tanah sepanjang 13 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter dan lebar jalan 2,5 meter, sehingga pihak Tim Reaksi Cepat BPBD Lumajang sudah meninjau lokasi kejadian dan melakukan “asessment”.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Danramil Senduro, Kapolsek Senduro dan Kepala Desa Argosari dan kelompok sadar wisata, serta Dukun adat Tengger Kariyole untuk melakukan pendataan dan penanganan longsoran,” katanya.

Saat terjadi longsor, lanjut dia, kendala di lokasi yakni cuaca gerimis, kondisi gelap, dan alat berat tidak bisa masuk karena jalan cor masih dua hari dan di Desa Argosari tidak boleh melakukan kegiatan karena menjelang Hari Raya Nyepi.

“Berdasarkan koordinasi dengan semua pihak, dihasilkan kesepakatan bahwa kerja bakti untuk pembersihan jalur menuju objek wisata Puncak B-29 yang tertimbun longsor baru akan dilakukan pada Senin (19/3) karena saat ini warga Tengger di Desa Argosari sedang melaksanakan rangkaian acara Hari Raya Nyepi,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER