Puncak Arus Balik Transportasi Udara Diprediksi Hari Ini


YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2018 dengan moda transportasi udara secara nasional terjadi pada Rabu (20/6), hari ini karena pada Kamis (21/6) sudah memasuki hari kerja.

“Setelah kami mengamati dan juga memantau arus balik, kami perkirakan mencapai puncaknya pada hari ini dan tadi malam,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat jumpa pers di Badara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (20/6).

Menurut Agus, masa peningkatan arus balik bagi penumpang angkutan udara cukup sebentar dan rata-rata mendekati hari pertama masuk kerja, berbeda dengan masa arus balik angkutan darat yang rata-rata jangkanya cukup panjang.

“Arus balik (penumpang angkutan udara) hanya singkat hari ini dan kemarin karena untuk transportasi udara segmennya berbeda, rata-rata pekerja yang memilih waktu mepet (dengan hari kerja) karena bisa ‘on time’,” kata dia.

Pada Lebaran 2018, menurut dia, hampir seluruh maskapai penerbangan mencatatkan pencapaian tingkat ketepatan waktu atau ontime performance (OTP) cukup bagus dengan rata-rata lebih dari 90 persen.

“Tahun ini yang mendapat OTP paling bagus adalah Batik Air, diikuti Garuda Indonesia, City Link, Air Asia, dan Nam Air,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data di dari seluruh air port dan Airnav Indonesia, menurut dia, secara umum operasional angkutan udara untuk arus mudik maupun arus balik pada Lebaran tahun ini dalam kondisi lancar.

Ia mengatakan selama masa arus mudik Lebaran 2018, penumpang angkutan udara didominasi tujuan Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya dengan asal penerbangan dari kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Kualanamu, dan Makassar.

Direktur Utama PT Angkasa Pura 1, Faik Fahmi mengatakan dibandingkan Lebaran 2017, jumlah penumpang selama arus mudik tahun ini mengalami peningkatan 10 persen. Pada tahun ini pemudik yang menggunakan moda transportasi udara kurang lebih mencapai enam juta penumpang.

“Tahun ini kami memprediksikan H-8 hingga H+8 Lebaran secara nasional meningkat 8 persen atau 5,5 juta dibandingkan tahun lalu yang mencapai 5,2 juta penumpang. Tetapi setelah kami pantau ternyata pertumbuhannya jauh lebih tinggi dari prediksi kami,” kata Faik. (Ant/Su02)

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close