Akhirnya Basarnas Temukan Pendaki Gunung Gamalama yang Hilang

TERNATE, SERUJI.CO.ID – Tim Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama warga Moya akhirnya berhasil menemukan seorang mahasiswi STIKIP Ternate bernama Rahmi Kadis (21 tahun) dinyatakan hilang selama dua hari lalu ketika mendaki bersama delapan orang lainnya di Gunung Gamalama, dan dalam keadaan selamat.

“Korban ditemukan warga di puncak Gunung Gamalama dalam kondisi lemas dan telah ditangani secara medis di RSU,” Kepala Basarnas Ternate, Mustari di Ternate, Kamis (21/6).

Dia mengatakan, korban yang ditemukan warga Moya sekitar pukul 06.35 Wit pagi tadi di Pos 5 dalam keadaan sadar dan mengalami Hipotermia atau kedinginan dan saat itu tim SAR gabungan melakukan perawatan dan evakuasi menuju posko Moya sekitar pukul 12.30 Wit.

Dalam pencaharian korban itu, tim dibagi tiga group dikerahkan menuju Puncak Gamalama untuk melakukan pencarian dari baru Kamis (21/6) korban ditemukan.

Dia mengatakan, sebelumnya, atas laporan tersebut dibentuk tim pencarian yang terdiri dari Basarnas TNI dari Babinsa Kodim 1501/Ternate dan Bhabinkamtibmas serta warga Kelurahan Moya melakukan pencarian dengan melakukan penyisiran di jalur pendakian maupun area seputar puncak gunung Gamalama.

Sekitar pukul 04.00 dinihari proses pencarian masih terus dilakukan meskipun dalam pencahayaan yang terbatas dan diharapkan korban dapat segera ditemukan.

Untuk itu sebelum proses pencarian di hari ke-2 dilaksanakan guna mempercepat proses pencarian maka tim dibagi menjadi beberapa kelompok dengan diawali briefing dan pembagian sektor pencarian berdasarkan karvak di peta khususnya di area puncak dimana lokasi terakhir korban hilang serta akan diterjunkan personel bantuan tambahan baik dari unsur SAR, TNI dan Polri maupun masyarakat yang telah hafal area Gunung Gamalama.

Basarnas Ternate memberikan apresiasi kepada semua pihak termasuk warga Kelurahan Moya yang sejak malam tadi naik ke Gunung Gamalama untuk melakukan pencaharian. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.