JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Istana Kepresidenan membantah kabar yang beredar bahwa ada arahan untuk mencegah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendampingi Presiden Jokowi saat penyerahan Piala Presiden 2018 kepada Persija Jakarta, Sabtu (17/2) malam.

Hal ini disampaikan menyikapi viralnya video yang memperlihatkan Paspampres menghadang Anies Baswedan yang hendak turun bersama Jokowi ke lapangan untuk menyerahkan piala Presiden.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin berkilah bahwa Paspampres hanya mengikuti daftar nama dari panitia saat penyerahan piala dalam pertandingan final sepakbola Piala Presiden 2018.

“Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia,” kata Bey dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (18/2).

Menurut Bey, karena hal itulah Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Jokowi.

Bey juga menyampaikan mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

Foto penyerahan piala Presiden pada tahun 2015, saat itu Presiden Jokowi didampingi Ahok saat penyerahan piala bagi Persib.

Namun dari hasil penelusuruan SERUJI, pada piala Presiden 2015 silam, saat Persib menjadi juara, Presiden Jokowi turun ke lapangan dan menyerahkan piala dengan didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta masa itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (ARif R/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama