Heboh Jakarta Turun Salju, Ternyata Hoax

2
428
Foto: @ramboganteng

JAKARTA – Lini masa Twitter heboh dengan berita salju turun di Jakarta pada Sabtu (6/5) petang. Beberapa akun mengunggah video yang memperlihatkan benda berwarna putih memenuhi ruas jalan yang berlokasi di sepanjang jalan Sudirman Jakarta.

“Wow bgt (banget -red) ini,” tulis selebritis Titi Rajo Bintang lewat akunnya @TitiRajoBintang sambil menyertakan sebuah video yang memperlihatkan “salju” disepanjang jalan yang dilalui kendaraan.

Beberapa akun lain juga menggunggah video serupa yang terlihat diambil dari sebuah mobil yang berjalan, memperlihatkan benda putih yang berceceran sepanjang jalan.

Berita turunnya salju tersebut dalam waktu singkat menjadi viral, dan mendapat respon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta yang langsung melakukan investigasi ke lokasi “salju” berada.

Dari investigasi yang dilakukan barulah diketahui bahwa “salju” tersebut ternyata adalah busa.

“Berita viral yang tersebar di media social tentang adanya hujan salju di sekitaran senayan, Jakarta Pusat tepatnya di depan Ratu Plaza pada hari Sabtu 6 Mei 2017 pukul 17.10 WIB, ternyata berasal dari cairan sejenis sabun yang menimbulkan busa,” jelas BPBD Jakarta lewat rilisnya, Sabtu (6/5).

Berdasarkan informasi yang diperoleh BPBD Jakarta dari MRT Jakarta, diketahui bahwa busa tersebut berasal dari cairan sabun sejenis Surfactant Liquid yang biasa digunakan sebagai alat bantu untuk melunakan tanah dalam proses pengeboran. Cairan tersebut termasuk jenis ramah lingkungan.

BPD Jakarta menjelaskan, kejadian tumpahnya busa yang sampai memenuhi jalan tersebut, diduga akibat kelalaian karyawan kontraktor yang lupa menutup tanki setelah menggunakan cairan untuk membersihkan peralatan dilokasi proyek MRT di Patung Pemuda.

“Saat bersamaan turun hujan deras di Jakarta yang akhirnya mengakibatkan cairan tersebut ikut dengan cepat mengalir ke jalan Jendral Sudirman dan menimbulkan busa sepanjang 200 meter dari lokasi proyek hingga depan Ratu Plaza,” ungkap BPBD Jakarta.

Pihak MRT saat berita ini ditulis telah melakukan pembersihan busa yang diduga salju tersebut dengan melakukan penyemprotan menggunakan air ditambahkan polymer untuk mengikat busa supaya cepat hilang.

 

EDITOR: Harun S

loading...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Langsa Pimpin Apel Bersama

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID  - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri, Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah memimpin apel bersama dalam rangka halal...

Hari Pertama Masuk Kerja, 100 PNS Malah Bolos

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 100 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 2018 dinyatakan absen. "Dari...

Akhirnya Basarnas Temukan Pendaki Gunung Gamalama yang Hilang

TERNATE, SERUJI.CO.ID - Tim Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama warga Moya akhirnya berhasil menemukan seorang mahasiswi STIKIP Ternate bernama Rahmi Kadis (21 tahun) dinyatakan...