Heboh Jakarta Turun Salju, Ternyata Hoax

2
349
Foto: @ramboganteng

JAKARTA – Lini masa Twitter heboh dengan berita salju turun di Jakarta pada Sabtu (6/5) petang. Beberapa akun mengunggah video yang memperlihatkan benda berwarna putih memenuhi ruas jalan yang berlokasi di sepanjang jalan Sudirman Jakarta.

“Wow bgt (banget -red) ini,” tulis selebritis Titi Rajo Bintang lewat akunnya @TitiRajoBintang sambil menyertakan sebuah video yang memperlihatkan “salju” disepanjang jalan yang dilalui kendaraan.

Beberapa akun lain juga menggunggah video serupa yang terlihat diambil dari sebuah mobil yang berjalan, memperlihatkan benda putih yang berceceran sepanjang jalan.

Berita turunnya salju tersebut dalam waktu singkat menjadi viral, dan mendapat respon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta yang langsung melakukan investigasi ke lokasi “salju” berada.

Dari investigasi yang dilakukan barulah diketahui bahwa “salju” tersebut ternyata adalah busa.

“Berita viral yang tersebar di media social tentang adanya hujan salju di sekitaran senayan, Jakarta Pusat tepatnya di depan Ratu Plaza pada hari Sabtu 6 Mei 2017 pukul 17.10 WIB, ternyata berasal dari cairan sejenis sabun yang menimbulkan busa,” jelas BPBD Jakarta lewat rilisnya, Sabtu (6/5).

Berdasarkan informasi yang diperoleh BPBD Jakarta dari MRT Jakarta, diketahui bahwa busa tersebut berasal dari cairan sabun sejenis Surfactant Liquid yang biasa digunakan sebagai alat bantu untuk melunakan tanah dalam proses pengeboran. Cairan tersebut termasuk jenis ramah lingkungan.

BPD Jakarta menjelaskan, kejadian tumpahnya busa yang sampai memenuhi jalan tersebut, diduga akibat kelalaian karyawan kontraktor yang lupa menutup tanki setelah menggunakan cairan untuk membersihkan peralatan dilokasi proyek MRT di Patung Pemuda.

“Saat bersamaan turun hujan deras di Jakarta yang akhirnya mengakibatkan cairan tersebut ikut dengan cepat mengalir ke jalan Jendral Sudirman dan menimbulkan busa sepanjang 200 meter dari lokasi proyek hingga depan Ratu Plaza,” ungkap BPBD Jakarta.

Pihak MRT saat berita ini ditulis telah melakukan pembersihan busa yang diduga salju tersebut dengan melakukan penyemprotan menggunakan air ditambahkan polymer untuk mengikat busa supaya cepat hilang.

 

EDITOR: Harun S

BAGIKAN
loading...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

elpiji

Warga Mengeluh, Harga Elpiji 3 Kg Capai Rp 35 Ribu

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID - Warga Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengeluhkan harga elpiji 3 kilogram yang naik melejit hingga Rp 35 ribu per tabung. "Keliling kami...
Demo petani

Petani Moromoro Lampung Suarakan Perbaikan Nasib

MESUJI, SERUJI.CO.ID - Persatuan Petani Moromoro Way Serdang (PPMWS) bersama Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Ranting Moromoro melaksanakan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM)...
Orang tenggelam

Tim SAR Temukan Jasad Dua Pelajar Bengkulu yang Tenggelam

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Tim pencari dan penyelamat menemukan jasad dua orang pelajar SMA Kota Bengkulu yang terseret arus dan tenggelam di Pantai Teluk Sepang dalam...

KANAL WARGA TERBARU

Sohibul Iman

Selain Sampaikan Pernyataan Sikap, Presiden PKS Ajak Masyarakat Indonesia Boikot Produk AS

JAKARTA - Selain menyampaikan resmi pernyataan sikapnya atas pengakuan Yerussalem sebagai ibukota Israel, Partai Keadilan Sejahtera juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memboikot produk-produk Amerika...
images(1)

Keindahan Hawa Nafsu

Muhammad Hanif Priatama Keindahan, sesuatu yang jika dilihat, didengar dan dirasakan, membawa diri bahagia, gembira, lega, kagum, atau senang. Ringkasnya, apapun yang diinginkan, selalu terlihat...

Muslim Klaten Bersatu dalam Aksi Damai Selamatkan Palestina

Muslim Klaten hari ini telah menampakkan ukhuwahnya dalam aksi damai selamatkan Palestina di masjid Al-Aqsho Klaten, Ahad (10/12). Berbagai elemen muslim klaten yang berasal...