Stok ASI Yang Harus Dipersiapkan Ibu Sebelum Bekerja

1
681

Seorang Ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya, wajib khawatir terhadap persediaan ASInya sebelum kembali bekerja.

Seringkali Ibu lalai untuk mempersiapkannya sejak dini, sehingga saat sudah bekerja, beberapa Ibu merasa keteteran atau kejar tayang. Bahkan banyak yang akhirnya menggantikan ASI dengan Susu Formula karena tidak tercukupinya kebutuhan si kecil.

Apabila ditanya, berapakah stok ASI yang harus dipersiapkan sebelum kembali bekerja? Maka jawabannya adalah sebanyak mungkin.

Loading...

Mengapa demikian?

Karena Anda belum tentu dapat memerah ASI sesering Anda menyusui anak Anda dirumah. Anda hanya dapat memerah paling banyak 3 kali dalam sehari. Dan dari memerah 3 kali tersebut, Anda dapat memperoleh ASI sebanyak 400 ml – 800 ml. Apabila kurang dari 3 kali dalam sehari, maka ASI yang dihasilkan pun akan lebih sedikit.

Sedangkan kebutuhan bayi usia 3 bulan berkisar antara 400 ml – 600 ml perharinya selama 10 jam dengan pembagian 100 ml/2 jam. Dan kebutuhan tersebut akan terus meningkat sampai usia anak Anda 6 bulan (sebelum mulai MPASI).

Selain itu, apabila stok ASI Anda justru berlebih, maka hal tersebut tidak akan menjadi sia-sia karena Anda masih bisa mendonorkannya ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Jadi setelah Anda cukup sehat dan kuat setelah melahirkan dan sudah bisa mengikuti ritme sebagai Ibu, maka mulailah untuk memerah ASI di rumah. Jangan menunggu hari mendekati Anda kembali masuk kerja. Sehingga besar kemungkinan stok ASIP Anda menjadi tidak mencukupi untuk buah hati Anda.

EDITOR: Iwan S

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama