Inilah Salah Satu Contoh Nyata Bahwa Merokok itu Membunuh

SERUJI.CO.ID – Sore ini saya mendapat kunjungan pasien, seorang Ibu usia 45 tahun dengan 5 anak yang masih kecil-kecil. Beliau datang dengan keluhan benjolan di leher kanan, batuk, sesak nafas dan kesulitan menelan. Keluhan benjolan pada leher kanan ini dirasakan cepat membesar dalam 2-3 bulan. Sesak nafas, batuk, kesulitan menelan baru dirasakan dalam 1 bulan ini.

Pada anamnesis, atau waktu tanya-jawab, ternyata pasien seorang perokok sejak berkeluarga, 25 tahun lalu. Sang suami yang mengantarkan juga seorang perokok, beliau juga punya kebiasaan merokok di rumah, di kamar, atau di mana saja.

Pemeriksaan fisik pasien tampak muka pasien membengkak seperti ada bendungan. Kemudian terlihat massa atau benjolan pada leher kanan yang besar dan keras. Pemeriksaan paru juga menunjukkan demikian, disamping itu terdapat juga cairan. Hati juga membesar seperti terdorong ke bawah.

Karena curiga adanya massa, dan cairan di Paru, kemudian pasien dilakukan rontgen atau foto dada. Ternyata, seperti gambar di bawah, ada perselubungan luas seluruh paru-paru kanan. Bisa Anda lihat sebagai gambaran paru-paru yang normalnya hitam, kelihatan menjadi memutih.


“Apa penyebabnya dokter”, tanya suami pasien waktu saya beritahu kemungkinan penyakitnya adalah tumor— kanker, tapi belum saya sampaikan ke pasien, di paru-paru kanannya yang disertai dengan cairan di ruang pleura paru serta tumor yang sudah menyebar ke leher—yang penyebabnya kemungkinan besar adalah rokok yang ada di kantong Bpk itu, jawab saya sambil menunjuk ke kantongnya yang kelihatan sebungkus rokok di dalamnya.

Nah, Anda masih belum percaya dan tidak yakin bahwa merokok itu membunuh? ….Atau harus menunggu seperti apa yang dialami Ibu itu, kemudian baru Anda sadar?…


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

TERPOPULER

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.