Jangan Sampai Salah Lagi! Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang

Meski berasal dari tempat yang sama, ternyata dua sajian ini punya ciri khas masing-masing. Sudah pernah coba?

SERUJI.CO.ID – Rasanya anda akan sepakat jika menyebut Ranah Minang adalah surganya kuliner lezat dengan sentuhan rempah yang melimpah. Salah satu menu yang terkenal adalah nasi Padang.

Tak hanya ditemukan di Pulau Sumatera saja, nasi Padang ternyata juga banyak ditemukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bahkan di desa-desa pun, sudah banyak orang yang menjual nasi Padang.

Namun tahukah anda, ternyata ada juga nasi Kapau yang tak kalah lezatnya dengan nasi Padang. Lalu apa perbedaan dua kuliner ini?

 

Dari namanya saja, nasi Kapau berasal dari Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sedangkan nasi Padang memiliki pemaknaan latar belakang lebih luas, karena tidak mutlak berasal dari kota Padang, melainkan merujuk pada semua makanan yang berasal dari Sumatera Barat.

Dari isiannya, nasi Kapau memiliki menu jauh lebih lengkap daripada nasi Padang. Seperti gulainya. Jika umumnya nasi Padang hanya menyajikan gulai ayam, ikan dan jeroan, nasi Kapau menawarkan dua isian yang tak dapat ditemukan di nasi Padang manapun, yakni gulai gajebo dan gulai tambusu.

Gulai Gajebo.

Gulai gajebo ini berisi olahan punuk sapi yang dilumuri kuah gulai. Sedangkan gulai tambusu, terbuat dari usus sapi yang diisi telur dan tahu, yang kemudian dimasak dengan tambahan bumbu dan santan sehingga menjadi gulai.

Hal lain yang menjadi ciri khas nasi Kapau adalah sayur pelengkapnya, yakni menggunakan lobak, nangka dan kacang panjang.

Gulai Tambusu.

Nasi Kapau juga terkenal lebih gurih ketimbang nasi Padang. Ini karena Nasi Kapau menggunakan lebih banyak kelapa sehingga rasa gurih dan tajam lebih keluar. (Nia)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.