Jangan Sampai Salah Lagi! Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang

Meski berasal dari tempat yang sama, ternyata dua sajian ini punya ciri khas masing-masing. Sudah pernah coba?

SERUJI.CO.ID – Rasanya anda akan sepakat jika menyebut Ranah Minang adalah surganya kuliner lezat dengan sentuhan rempah yang melimpah. Salah satu menu yang terkenal adalah nasi Padang.

Tak hanya ditemukan di Pulau Sumatera saja, nasi Padang ternyata juga banyak ditemukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bahkan di desa-desa pun, sudah banyak orang yang menjual nasi Padang.

Namun tahukah anda, ternyata ada juga nasi Kapau yang tak kalah lezatnya dengan nasi Padang. Lalu apa perbedaan dua kuliner ini?

 

Dari namanya saja, nasi Kapau berasal dari Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sedangkan nasi Padang memiliki pemaknaan latar belakang lebih luas, karena tidak mutlak berasal dari kota Padang, melainkan merujuk pada semua makanan yang berasal dari Sumatera Barat.

Dari isiannya, nasi Kapau memiliki menu jauh lebih lengkap daripada nasi Padang. Seperti gulainya. Jika umumnya nasi Padang hanya menyajikan gulai ayam, ikan dan jeroan, nasi Kapau menawarkan dua isian yang tak dapat ditemukan di nasi Padang manapun, yakni gulai gajebo dan gulai tambusu.

BACA JUGA:  Sejarah Nasi Uduk Ternyata Berasal dari Negeri Tetangga, Bagaimana Proses Masuknya?

Gulai Gajebo.

Gulai gajebo ini berisi olahan punuk sapi yang dilumuri kuah gulai. Sedangkan gulai tambusu, terbuat dari usus sapi yang diisi telur dan tahu, yang kemudian dimasak dengan tambahan bumbu dan santan sehingga menjadi gulai.

Hal lain yang menjadi ciri khas nasi Kapau adalah sayur pelengkapnya, yakni menggunakan lobak, nangka dan kacang panjang.

Gulai Tambusu.

Nasi Kapau juga terkenal lebih gurih ketimbang nasi Padang. Ini karena Nasi Kapau menggunakan lebih banyak kelapa sehingga rasa gurih dan tajam lebih keluar. (Nia)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.