close

Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Generasi Milenial

Selain paparan sinar UV, paparan layar gadget juga bisa menimbulkan masalah mata pada generasi milenial.

SERUJI.CO.ID – Tubuh manusia ibarat mesin. Apabila tidak rajin dirawat, kinerjanya akan turun seiring berjalannya usia. Sama halnya dengan kesehatan mata. Mungkin kemampuan pandang tak setajam saat masih belia. Apalagi, untuk manusia era milenial yang senantiasa berhubungan dengan gadget.

Agar tak semakin parah, berikut tips agar kesehatan mata tetap terjaga:

1
Makanan Bergizi

Cara sederhana untuk merawat kesehatan mata adalah dengan menutrisi dari dalam, dengan konsumsi makanan sehat, terutama makanan yang mengandung sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, karotenoid dan omega-3.

Semua nutrisi tersebut dapat diperoleh dari wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan brokoli, juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, telur ikan salmon dan tuna.

2
Pemakaian Sunglasses

Selain kulit, mata juga perlu dilindungi selama berada di luar ruangan saat matahari terik. Kacamata hitam dapat melindurng sinar UV matahari dan menghindari dari radikal bebas. Mata yang tidak terlindung dari paparan sinar matahari, lama kelamaan akan beresiko menderita penyakit mata seperti katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata dan beberapa masalah lainnya.

3
Kontrol Mata

Tak ada salahnya menyempatkan waktu pergi ke dokter mata, sekedar untuk periksa atau konsultasi terkait kesehatan mata. Terutama bagi anda usia 20 tahun ke atas, yang sering terpapar sinar gadget.

Dengan rutin melakukan kontrol mata, membuat anda mengetahui jika terjadi masalah kesehatan sehingga dapat segera tertangani.

4
Hindari Rokok

Rokok selalu identik dengan penyakit jantung dan paru-paru. Padahal rokok juga bisa membuat kesehatan mata terganggu. Perokok aktif berisiko lebih tinggi terkena katarak, uveitis dan degenerasi makula.

Bagi perokok pasif, sebaiknya menghindari secara langsung asap rokok dari lingkungan. Karena asap dari rokok sama berbahayanya meski anda bukan perokok. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI