MENU

Penyebab Kram Perut Saat Menstruasi

Rasa sakit saat menstruasi seringkali mengganggu aktivitas harian anda. Mengapa hal itu bisa terjadi?

SERUJI.CO.ID – Rasa nyeri atau kram pada perut bagian bawah, acapkali datang menjelang atau di awal menstruasi. Hal tersebut membuat rasa tidak nyaman, bahkan bagian terparahnya sampai mengganggu aktivitas wanita.

Nyeri haid atau dikenal di Indonesia dengan sebutan dilep, merupakan akibat dari zat prostaglandin dalam lapisan rahim. Saat haid, zat tersebut merangsang kontraksi untuk melepaskan lapisan rahim. Kontraksi itulah yang memunculkan rasa nyeri.

Tak hanya itu, zat prostaglandin juga turut andil dalam mengembangkan pembuluh arteri dan vena. Sehingga darah menstruasi akan lebih mudah dikeluarkan. Apabila tubuh seorang wanita dalam keadaan lemah, kondisi ini menyebabkan tekanan darah turun dan membuat pusing dan lemas.

 

Baca juga: Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid

Dilep biasa menyerang wanita yang belum melahirkan. Ini karena leher rahim masih sempit. Gumpalan darah yang keluar lewat leher rahim yang sempit, juga menjadi salah satu sebab mengapa rasa nyeri muncul saat haid. Itu sebabnya, nyeri haid biasanya sudah tidak dirasakan wanita yang pernah melahirkan. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU