Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid

Nyeri saat datang bulan memang membuat tidak nyaman. Coba langkah berikut ini agar nyeri tak lagi muncul saat haid.

SERUJI.CO.ID – Saat tamu bulanan datang, tak sedikit wanita merasa nyeri hebat di perut bagian bawah. Selain membuat tidak nyaman, nyeri perut juga bisa mengganggu aktivitas.

Agar tak semakin parah, cara-cara berikut ini mampu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

1
Konsumsi Air Putih

Apapun masalah kesehatan bermula dari tubuh yang tidak terdehidrasi dengan baik. Termasuk halnya nyeri saat haid. Minum air putih dinilai mampu mengurangi rasa nyeri saat haid. Lebih disarankan menenggak air hangat, karena cairan hangat yang masuk dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah ke kulit. Dengan demikian, otot dapat terelaksasi dengan baik dan dapat mengurangi rasa kram.

Baca juga: Mengenal Endometriosis Pada Wanita dan Cara Mengobatinya

2
Konsumsi Makanan Yang Mengandung Kalsium

Berdasarkan penelitian, kalsium mampu mengurangi kram otot saat menstruasi. Disarankan bagi wanita yang sering mengalami nyeri haid, agar mengonsumsi sekitar 1000 mg kalsium setiap hari.

Makanan yang mengandung kalsium dapat ditemukan pada makanan berbasis susu, seperti keju dan yoghurt, almond, sayuran berwarna hijau dan biji wijen.

3
Konsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah komponen yang hilang saat menstruasi. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk memasok zat besi selama haid berlangsung. Daging hewan berwarna putih seperti ayam dan ikan kaya kandungan zat besi.

Selain daging-dagingan, sayuran berwarna hijau juga memiliki kandungan zat besi. Anda dapat mengombinasikan kedua protein hewani dan nabati tersebut, untuk mengganti zat besi yang hilang.

Tak hanya itu, konsumsi kayu manis juga baik selama menstruasi. Kandungan serat, kalsium dan zat besi pada kayu manis dapat membantu mengurangi nyeri saat haid.

4
Olahraga

Selain dari asupan makanan, olahraga juga mampu menghilangkan nyeri haid yang membuat wanita tak nyaman. Tak perlu takut rasa nyeri akan semakin menjadi saat olahraga. Justru dengan berolahraga, tubuh mengeluarkan zat endorfin, yang berfungsi sebagai pembunuh rasa sakit dalam tubuh.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan mood secara alami. Olahraga ringan seperti jalan-jalan atau lari kecil di pagi hari sangat disarankan, karena dapat melancarkan peredaran darah ke organ reproduktif wanita. Olahraga juga menjadi ajang pelepas stres dan relaksasi terbaik. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...